Perjalananku Mengenal dan Memanfaatkan Dunia Digital

8
327

Memanfaatkan Dunia Digital – Hay sobat Rumput Hidup, jumpa lagi dengan saya yang rada-rada nggak jelas ini. Pada kesempatan ini saya akan sedikit bercerita pengalaman saya dalam mengenal dan bermain di dunia digital alias internet.

Nah berhubungan dengan adanya lomba menulis blog dengan tema “Serunya Hidup di Era digital” yang diadakan oleh Domainesia ini saya akan bercerita dengan sungguh-sungguh siapa tau nanti beruntung bisa menang hehe, kan hanya sekedar berusaha, jikalau nanti hasilnya itu biarlah apa Kata Allah yang menentukan.

Saya akan bercerita perjalanan saya dari pertama mengenal dan memanfaatkan dunia digital sebagai salah satu dunia saya yang mengasikkan.

Pertama Kali Dikenalkan Dengan Dunia Internet

Pertama kali saya mengenal dunia internet adalah saat kelas 2 SMP tepatnya. Walau saya tak begitu paham dan sangat tak memahami apa sih internet itu, gunanya untuk apa dan lain-lain sebagainya.

Hingga pada akhirnya ada sebuah pekerjaan rumah yang pekerjaan tersebut harus mencari informasi di internet. Saat itu saya masih sangat awam dan tak tau apa-apa. Bahkan menghidupkan komputer pun tak tau, biasa orang ndeso kan gini hihi.

Akhirnya teman saya yang bernama Said mengajari saya, bagaimana mencari sebuah informasi di internet. Walau saya waktu itu sangat tak paham dan sangat newbie sekali, tapi saya berusaha untuk terus belajar belajar mengenal dunia digital (internet). Hingga pada akhirnya saya lulus SMP dan melanjutkan sekolah di SMK 07 Ma’arif Bangsalsari. Merupakan sebuah Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di bawah naungan Yayasan Asy-Syafi’iyah Sukorejo.

Di SMK Tersebut saya mengambil jurusan Multimedia (Desain Grafis, Mengelola Isi Halaman Website, Teknik Komputer dan Informatika, Dll). Sungguh sangat menyiksa di awal perjalanan saya saat masuk SMK ini. Kenapa? Karena sebelum-sebelumnya saya adalah orang yang sangat bodoh dan sangat gaptek terhadap teknologi.

Mau tidak mau, bisa nggak bisa harus dipaksa untuk bisa. Namun apa daya dengan bawaan saya yang merupakan orang gaptek dan tak tau apa-apa. Serta saya merupakan orang ndeso yang kerjanya cuman di sawah bantuin orang tua membuat saya hampir menyerah.

Namun ketika itu, ketika Alm, Ayah saya masih Ada saya suka bercerita kepada Alm Ayah saya mengenai diri saya saat di Sekolah. Dan Alhamdulillah setelah saya curhat terhadap Alm Ayah Saya, saya mendapat sebuah pesan darinya 

“Anak petani itu tidak harus menjadi seorang petani, dan belum tentu anak orang sukses itu akan menjadi sukses, Jadi yang menentukan bukanlah latar belakang kamu, tapi seberapa semangat kamu mau menggapai mimpimu”

Alm. Ayah (Abdul Rohman)

Dari situlah saya mulai bangkit dan berusaha menjadi yang terbaik di sekolah saya, walau perjalan begitu sangat menguras tenaga dan mental. Namun saya punya prinsip, “Saya memang anak seorang petani, tapi bagaimana caranya supaya anak seorang petani itu bisa lebih baik dari pada mereka yang sudah sukses”

Editing Photo Menggunakan Photoshop

Nah karena saya jurusan Multimedia, jadi pelajaran pertama yang saya dapat adalah belajar manipulasi wajah menggunakan aplikasi photoshop. Sejak awal diajari manipulasi photoshop ini saya sangat aktif belajar dan memanipulasi photo saya sendiri, mulai di bentuk spiderman, terus di edit seperti terminator dll. (sayang photonya sudah kehapus).

Sejak saat inilah saya mulai mengenal internet, mulai dari mencari tutorial manipulasi photoshop, lengkap dengan mencari aplikasi editing apa saja yang menyerupai photoshop.

Belajar Pemrograman dan Mengenal Dunia Hacking

foto pribadi

Tepatnya saat beranjak naik kelas 2 SMK, dari sinilah saya mulai memperdalam yang namanya Pemrograman Web dan Mengenal lebih jauh mengenai dunia Hacking.

Bukan berarti saya adalah orang yang jago web programming dan tukang hacking loh ya XD. Maksudnya adalah ketika masa-masa ini saya lebih menyukai dunia digital yang berhubungan dengan website dan hacking (keamanan seputar jaringan internet).

Karena di kelas 2 ini terdapat pelajaran web desain saya menjadi tertarik dan mulai beralih dari yang awalnya suka desain grafis pindah menjadi web desain. Hal yang saya sukai dipelajaran ini adalah saat melakukan coding untuk membuat kerangka sebuah website. Saat itu saya cuman tau caranya desain website supaya bagus gimana dan cara membuat sebuah database sederhana. Walaupun pada waktu itu masih berbasis website localhost tapi saya begitu menikmatinya.

Dari sinilah saya mengenal yang namanya MyWapBlog, WordPress.com dan Blogspot. Karena saya begitu tertarik dengan dunia koding mulailah saya membuat akun di ketiga tempat tersebut, blog pertama yang saya buat adalah di MyWapblog dengan URL https://reichs.heck.in yang berisi curahatan hati seorang lelaki XD (walau sekarang MWB sudah tutup). Selain itu saya juga membuat blog di Blogspot dengan URL https://reichsapps.blogspot.com yang berisi berbagai tutorial (Walau blognya sudah saya hapus) dan satunya lagi adalah sebuah blog yang ada di WordPress dengan alamat URL https://rezaichsani.wordpress.com (kini sudah berganti menjadi TLD https://ichsani.com) yang merupakan blog Gajelas :D.

Banyak Keuntungan Yang Saya Dapatkan

Semenjak saya mengeal dunia internet inilah saya mulai belajar dan mengembangkan kemampuan saya,terutama di bidang pemrograman dan juga fotografi.

Pernah suatu hari saya belajar hacking, namun karena menurut saya banyak mudhorotnya dan membuat saya anti sosial jadi saya tinggalkan, dan memilih dunia programming dan fotografi. Waktu itu saya mempunyai sebuah cita-cita menjadi seorang fotografer yang jago koding. Dengan begitu saya bisa membuat sebuah website untuk hasil dari jepretan foto-foto saya.

Di kenaikan kelas 3 SMK ini saya hanya fokus pada keinginan saya, yakni belajar programming dan fotografi. Dikenaikan awal kelas 3 ini adalah awal dimana saya menurun segala performa saya. Hal ini dikarenaka Ibu saya yang sakit-sakitan karena beberapa hari sebelumnya ditinggal pulang oleh Ayah saya ke Rahmatullah. Merupakan sebuah ujian bagi saya, waktu itu saya hampir tidak meneruskan sekolah saya, karena kasihan kepada Ibu. Namun karena waktu sekolah tinggal sedikit saya tetap bertekad untuk terus melanjutkan.

Dan waktu itu saya berkeinganan untuk melanjutkan kuliah walau tak tau uang dari mana.

Di SMK kelas 3 ini jalan yang sulit terus saya lalui. Walau saya nggak sempat belajar dirumah tapi selalu saya sempat kan untuk belajar sepulang sekolah untuk pergi kewarnet, nginep di lab sekolah untuk belajar programming.

Hingga pada waktu UNAS inilah saya terus bertekad untuk meraih mimpi saya. Walaupun di UNAS terdapat 4 jenis pelajaran utama untuk diujikan yang saya pelajari hanyalah masalah komputer saja, ketiga pelajaran lainnya tak pernah saya belajari. Hingga pada akhirnya pengumaman kelulusan Alhamdulillah saya menjadi Peringkat 2 di SMK saya, hehe sungguh saya sangat bersyukur kepada Allah atas apa yang diberikannya kepada saya. Memang sungguh usaha tidak akan membohongi hasil, namun semua itu tak lain adalah karena Allah, Do’a Ibu, Support dari para sahabat, Guru dan Teman-teman saya.

Kuliah Di Kampus Kemandirian MEC (Yatim Mandiri Surabaya)

Alhamdulillah setelah saya lulus kurang lebih 4 bulan setelah kelulusan saya mendaftar program Kampus untuk anak yatim di surabaya. Tepatnya di Jl. Raya Jambangan No. 70 Surabaya. Saya mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan disini. 

Selama belajar disinilah saya mulai mengenal dan memahami jaringan lebih mendalam. Serta disinilah saya mulai memahami apa itu Domain, Hosting dan Server. Dan disinilah cita-cita saya mulai tergapai.

Disini juga diajarkan bagaimana membuat sebuah website dari awal, mulai dari desain template website menggunakan HTML, JQuery, PHP dan MySQL. Karena sejak SMK saya sudah suka coding jadi Alhamdulillah ketika menghadapi mata pelajaran disini saya bisa melaluinya dengan lancar.

Juara 1 Desain Halaman Website Kampus

saya yang sebelah kanan dari sini

Selama di Kampus Kemandirian ini saya sangat suka yang namanya website, saya mulai belajar mendesain website dengan baik, mulai dari coding website toko online dll. Pada waktu itu saya mempunyai 4 team yang di tugasi mengelola dua website, yakni website https://garasikomputer.com (sudah expired) dan https://jejualonline.com (yang sudah dibeli orang luar domainnya 🙁 )

Selama mengelola dua website itu saya belajar banyak mengenai pemrograman website.

Diwaktu yang bersamaan di kampus saya diadakan sebuah lomba desain website kampus. Lomba ini di khususkan bagi anak Teknisi Komputer dan Jaringan saja. Waktu itu saya sangat nggak yakin bisa menang, karena beberapa teman deket saya yang juga sangat pandai dalam membuat sebuah program website. Namun kelemahan dia adalah di desain kecantikannya, untuk desain In Syaa Allah masih lebih baik punya saya (katanya sih, katanya dia) tapi justru saya menganggap kemampuan koding teman saya ini jauh lebih pandai dari pada saya.

Memang dia itu sangat pandai koding karena sejak SMK dia sudah menguasai program C++, dan saya hanya newbi yang cuman bisa ngoprek HTML, PHP dan MySQL saja XD.

Namun saya tetap berusaha memberikan tampilan desain website yang bagus dan cantik (menurut saya seh). Seketika lomba itu di mulai saya mulai mengerjakannya. Mulai dari binung harus membuat seperti apa? mau di model gimana? hingga apa saja sih Fitunya? saya mulai bingung dan hampir menyerah untuk mengikuti lomba ini.

Namun karena saya ingin membuktikan supaya ada gunanya belajar Koding dari SMK. Jadi saya berusaha untuk menang walau tak yakin hehe.

Waktu yang diberikan untuk membuat desain website ini adalah cukup lama, sekitar 1 mingguan. Saya manfaatkan waktu tersebut untuk membuat tampilan website yang bagus. Begitupun dengan teman teman saya, mereka juga sangat antusias dalam mengerjakannya. Hingga terkadang saya merasa tidak akan bisa menang. Akhirnya saya pasrahkan saja kepada Allah soal menang atau kalah biarlah apa kata-Nya.

Hingga pada akhirnya tibalah waktu pengumuman pemenang dari lomba desain website tesebut. Tepatnya disebuah musholla di kampus pengumuman di beritahukan, Semua peseta lomba kumpul disana beserta anak anak kampus lainnya.

Saat MC memberitahukan Pemenang juara ke II saya mulai minder, bergetar dan berkeringat. Kemudian disebutkan nama teman saya sebagai pemenang juara ke II. Kemudian MC mengumumkan pemenang Utama lomba desain web tersebut. Saya sangat tidak yakin akan memenangkan lomba tersebut. Namun takdir berkata lain saat saya mulai menyerah dan pasrah, ternyata nama yang disebutkan oleh MC tersebut adalah nama Saya. Saya sangat bersukur bisa memenangkan lomba tersebut.

Juara Harapan 1 Lomba Fotografi se Surabaya

Saya sangat tidak menyangka bahwasanya ke dua cita-cita saya bisa tercapai yakni menjadi seorang programmer dan fotograffer, walau kedua nya hanya sebatas memenangkan lomba saja hehe.

Saya merasa tidak sia-sia proses belajar saya saat masih SMK dulu, tentunya semua itu atas izin Allah, Doa Ibu dan Internet sebagai media belajarnya beserta para guru guru saya yang selalu mensupport saya.

Setelah Lulus Dari Kampus Kemandirian

Nah setelah lulus ini lah dimana saya sudah mulai mengenal dunia blogging. Mulai dari membuat website pribadi, website portal informasi dan beberapa website nggak jelas lainnya.

Ada banyak sekali website yang saya kelola hingga saya tak tahu harus diapakan. Salah satunya adalah website ini Rumput Hidup yang saya gunakan untuk  bercerita pengalaman dan perjalanan saya seperti mendaki gunung dll.

Membuka Jasa Layanan Pembuatan Website

Selain membuat beberapa website pribadi dan portal informasi, saya juga membuka sebuah jasa pembuatan website toko online. Walaupun hanya beberapa yang mempercayai saya namun setidaknya sudah ada yang percaya terhadap jasa yang saya berikan hehe.

Bekerja di Tour Garuda

Selain membuka jasa pembuatan website saya juga bekerja disebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa persewaan motor. Ada beberapa website yang saya kelola disana. Walau pada akhirnya saya harus pamit untuk pulang karena keinginan Ibu saya menyuruh saya pulang.

Akhirnyapun saya pulang dan mencari kerja dirumah, walaupun masih belum menemukan pekerjaan tetap yang pada akhirnya saya memutuskan untuk berkelanan di Surabaya untuk membantu mentor saya membuat website pribadinya. Dan pada akhirnya juga saya harus balik lagi ke rumah karena lagi-lagi keinginan Ibu saya.

Nganggur dan Ikut Loma Kontes Blog

Karena saat ini masih nganggur jadi saya putuskan untuk mengikuti beberapa kontes blog yang ada dan bertebaran di Internet, karena mungkin tak ada lagi yang mau saya lakukan jadi saya mengikuti lomba-lomba tersebut, sekalian sambil mengisi waktu kosong saya

Berharap bisa memenangkan salah satu dari sekian lomba yang saya ikuti, hehe. Tapi semua itu adalah hanya ketentuan dari Allah dan Doa ples keputusan Juri wkwkw. 

Nganggur Sambil Jualan Online

Walaupun nganggur dan hanya sekedar menulis blog belaka, tak ada salahnya kan kita sambil jualan online, yaps sekarang di era digital ini dimanapun kita bisa berjualan, termasuk di dunia internet pula. Selain memanfaatkan marketplace seperti tokopedia ada beberapa website yang saya manfaatkan untuk jualan online. Saya memilih menggunakan website sendiri untuk berjualan ialah, yang pertama adalah memiliki sebuah branding dan membangung kepercayaan seseorang. Kemudian yang kedua adalah karena Cara membuat website saat ini sangat mudah di lakukan.

Jadi untuk membuat sebuah website diera digital seperti sekarang ini, sobat nggak harus pandai melakukan coding pemrograman. Karena sudah cukup banyak sekali tutorial yang menyediakan aneka cara dalam membuat sebuah website dengan sangat mudah. 

Mengapa Harus Memiliki Website?

Tentunya untuk berjualan online kita harus mempunyai website. Website ini nantinya akan berguna sebagai sarana kita untuk berpromosi dan mengenalkan produk atau jasa yang kita tawarkan. Jika sobat ingin membuat sebuah website, maka sobat harus memiliki sebuah domain dan hosting terlebih dahulu.

Dalam mencari sebuah hosting dan domain, saya suka membeli domain dan hosting di dua tempat yakni Domainesia dan Rumah Web. Mengapa dua tempat tersebut? Ntahlah saya juga bingung hehe. Namun enaknya di Domainesia itu harga domainnya yang sangat murah jadi sobat bisa membeli domain dengan harga hanya 99 rb loh. Selain itu kinerja servernya juga sangat cepat.

hosting indonesia

Hmmm bagaimana nih sobt? nggak tertarik apa mau buat website? mumpung sekarang Domainesia lagi promo loh. Ayo deeh buruan daftar dan mulai buat website kamu sekarang juga. Biar nggak ketinggalan dengan yang lainnya.

Yaah mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan, dan tawarkan. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih… 🙂

8 COMMENTS

  1. instpiratif ceritanya mas hampir mirip dengan saya tapi perjalanan saya dimulai dengan pemikiran sederhana, bagaimana cara pemilik website mendapatkan uang, siapa yang menggaji mereka dari sana saya mulai penasaran dan mencari informasi, untungnya semua pertanyaan saya ada jawabannya di internet sampai sekarang saya masih mendalami dunia ini ( internet marketing) meski penghasilan tak seberapa saya bersyukur karena tidak perlu bekerja pada orang lain,..

    • Iya itu sangat bagus sekali mas. Saya pernah mendengar sebuah pepatah bahwasanya “lebih baik menjadi kepala ular dari pada harus menjadi ekor naga”

      Dalam artian lebih baik gaji kecil usaha sendiri dari pada gaji besar tapi milik orang lain.

      Mantaps semoga sukses mas… Saya salut pada sampean…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here