Pengertian Minyak Zaitun – Hai sobat Rumput Hidup, sobat sudah tau belum nih manfaat dari minyak zaitun? atau jangan-jangan sobat masih belum tahu apa itu yang dinamakan dengan minyak zaitun?. Tapi tenang, disini Rumput Hidup akan memberikan ulasan mengenai apa itu Manfaat dari Minyak zaitun, beserta manfaatnya. Yang Rumput Hidup rangkum dari berbagai sumber terpercaya

Pengertian Minyak Zaitun

pengertian minyak zaitun
sumber : hellosehat

Pengertian Minyak Zaitun – Minyak zaitun atau biasa di sebut juga dengan minyak olive merupakan sebuah minyak yang di dapat dari buah zaitun. Minyak zaitun ini berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, mempunyai batang yang keriput dan berwarna abu-abu ramping dengan memiliki cabang-cabang yang pecah. Pohon zaitun ini dikenal dapat bertumbuh hingga pada ketinggian 50 meter pada habitat alaminya dan juga pohon zaitun ini dapat hidup selama 500 tahunan lebih. Pada buah minyak zaitun ini bentuknya ialah bulat gemuk dan juga mempunyai warna hijau saat buahnya masih mentah namun pada buah yang sudah masak akan berubah menjadi kekuning-kuningan.

Minyak zaitun ini banyak sekali manfaatnya sehingga banyak yang memanfaatkan minyak zaitun ini sebagai bahan untuk digunakan sebagai bahan memasak, sebagai olahan kosmetik, obat-obatan herbal dan juga berbagai macam dan jenis sabun. Terutama pada manfaatnya bagi kesehatan yang membuatnya semakin banyak di cari karena memiliki kandungan lemak tak jenuk yang tinggi.

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Wajah dan juga Kulit Tubuh

Minyak zaitun adalah minyak yang di hasilkan dari penggilingan buah pada pohon zaitun. Minyak zaitun ini berasal dari tanaman tradisional yang tumbuh di wilayah Mediterania ini memiliki kandungan lemak, vitamin E, vitamin K dan zat besi.

Minyak zaitun ini telah banyak di pakai dan di manfaatkan pada berbagai macam keperluan seperti halnya dimanfaatkan sebagai obat, untuk campuran bumbu masakan, sebagai sabun hingga kosmetik atau kecantikan. Selain itu minyak zaitun juga bisa langsung digunakan atau dioleskan ke pada bibir yang berfungsi untuk melembutkan sehingga bagi sobat yang memiliki bibir pecah-pecah bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk menghaluskan bibir yang pecah-pecah dan kering tersebut. Selain digunakan untuk melembutkan bibir, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengobati kulit retak pada bagian tumit kaki.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kulit Wajah

Manfaat minyak zaitun ini juga memiliki fungsi sebagai pembersih wajah, yaitu digunakan untuk menghilangkan make up dengan sangat mudah. Selain itu manfaat minyak zaitun untuk wajah juda dapat diaplikasikan sebagai masker. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun tersebut pada wajah sobat. Selain itu juga dapat dicampur dengan madu, kemudian dioleskan pada wajah sobat dan diamkan selama 15 menitan. Setelah itu sobat bisa membersihkannya dengan air hangat dan kemudian mengeringkannya dengan menggunakan handuk yang bersih.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Tubuh

Minyak zaitun mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang di percaya dapat menjadikan kulit menjadi halus dan berseri-seri. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun ini sobat bisa mendapatkan manfaat dari minyak zaitun ini yaitu melepas radikal bebas dan dapat mengurangi peradangan yang dapat mempengaruhi kerutan pada kulit tubuh.

Ragam Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

manfaat minyak zaitun

sumber : republika.co.idSelain bermanfaat untuk kecantikan wajah dan tubuh, tentunya minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat lainnya, salah satunya adalah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Sangat penting kita mengetahui manfaatnya, dengan begitu sobat bisa mendapatkan segudang manfaat yang ada pada minyak zaitun tersebut, berikut ini adalah manfaat minyak zaitun bagi kesehatan.

Dapat mencegah Osteoporosis

Minyak zaitun ini memiliki manfaat bagi tulang. Saat ini telah banyak sekali bukti medis yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi minyak zaitu secara berkala akan dapat meningkatkan jumlah kalsium di dalam darah. Hal ini tentunya sangat berdampak baik utnuk kesehatan juga kepadatan tulang sehingga bisa membantu mencegah resiko terkan serangan penyakit osteoporosis.

Dapat Berfungsi Untuk membersihkan Usus

Minyak zaitun selain memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit kronis. Ternyata juga mempunyai kandungan sifat antibakteri yang tentunya hal ini berdampak baik bagi kesehatan usus. Salah satunya adalah dapat menghambat hingga membunuh kuman yang menjadi penyebab timbulnya penyakit di dalam usus. Salah satu bakteri yang hinggap di usus tubuh manusia ialah helicobacter pylori yang menjadi penyebab usus lambung dan kanker pada perut.

Dapat Mengobati Rematik

Rematik merupakan jenis penyakit yang dapat menyebabkan munculnya gejala nyeri sendi secara berulang-ulang. Dan ternyata minyak zaitun ini juga mempunyai manfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada orang yang memiliki penyakit rematik ini. Minyak zaitun ini memiliki khasiat yang berlipat ganda apabila sobat kombinasikan dengan mengkonsumsi minyak ikan yang merupakan sumber asam lemak omega – 3 yang merupakan sebagai penangkal peradangan di dalam tubuh.

Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwasanya minyak zaitun yang dikombinasikan dengan minyak ikan ini akan bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi dan sendi ngilu pada saat dipagi hari. Hal ini biasanya terjadi pada orang-orang yang mengidap penyakit rematik.

Dapat Menjaga Berat Badan Untuk Hidup Lebih Sehat

Nah menjaga berat badan tetap ideal adalah kedambaan bagi setiap orang. Terutama wanita yang ingin tampil cantik di depan suaminya tentunya. Nah jika sobat ingin menjaga berat badan sobat agar tetap ideal sobat bisa dengan memanfaatkan minyak zaitun.
Makanan yang berlemak tentunya dapat mempengaruhi berat badan. Meskipun minyak zaitun sudah lama di kaitkan dengan penambahan berat badan. Meskipun begitu, perlu kita mengerti bahwasanya minyak zaitun merupakan konsentrat lemak. Sehingga dengan mengkonsumsi minyak zaitun dengan cara yang teratur dan baik, maka tidak akan menggemukkan.

Bahkan bisa jadi sobat dapat mempunyai berat badan yang sangat ideal sebagai efek positif dari mengkonsumsi minyak zaitun bagi kesehatan tubuh.

Pada beberapa penelitian telah menghubungkan pola diet mideterania, yang kaya akan minyak zaitun, dengan penurunan berat badan yang sangat mengejutkan. Pada studi lainnya mengkonsumsi minyak zaitun dengan jumlah yang besar dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah, sehingga dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Dapat Menjaga Kesehatan Pada Hati

Nah ini nih selain bermanfaat bagi kecantikan dan lainnya. Ternyata minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan hati. Beberapa penelitian yang terkait dengan manfaat minyak zaitun ditemukan bahwasanya minyak zaitun ini mempunyai fungsi untuk melindungi kesehatan hati. Diantaranya adalah menjaga hati dari stress serta melindungi dari gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Dapat Dimanfaatkan Untuk Memperbaiki Rambut yang Bercabang

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam minyak zaitun ini ternyata dapat memperbaiki rambut yang kering dan bercabang yang dikarenakan panasnya paparan sinar matahari dan juga polusi.

Minyak zaitun ini memiliki kemampuan untuk menyerap kedalam akar rambut pada kulit kepala sehingga dapat menjadikan rambut lembab. Hal ini sangat di butuhkan rambut yang rusak untuk dapat melindungi batang rambut dan juga untuk menjaga supaya rambut bervolume dan tetap halus.

Untuk menerapkannya, sobat hanya tinggal mengoleskan sedikit saja minyak zaitun pada kulit kepala dan juga ujung-ujung rambut yang masih basah.

Dapat Mengurangi Ketombe

Selain dapat mengatasi rambut yang bercabang, ternyata minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengurangi ketombe pada rambut kepala loh. Caranya yaitu dengan mencampur minyak zaitun dengan sari lemon. kandungan asam alami di dalam jus lemon juga berperan untuk mengikis atau mengurangi lapisan ketombe di permukaan kulit kepala. Sedangkan manfaat minyak zaitun ialah untuk melembabkan lapisan kulit kepala baru yang ada di bawah permukaan kulit yang kering tersebut.

Caranya adalah sobat campurkan takaran yang imbang antara minyak zaitun dan sari lemonnya dengan menambahkan sedikit air. Pijat kepala sobat secara perlahan dengan menggunakan minyak zaitun yang telah di campur dengan sari lemon tadi. Tunggulah hingga 20 menitan. Kemudian sobat bisa membersihkannya dengan mencucinya dengan shampoo. Lakukan hal tersebut rutin 1 kali dalam seminggu.

Dapat Menguatkan dan Mengembalikan Warna Rambut Yang Mengkilau

Minyak zaitun ternyata juga kaya akan kandungan vitaminnya, selain mengandung vitamin E dan vitamin K. Ternyata minyak zaitun juga memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut ternyata dapat melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapan terhadap rambut.

Keratin adalah protein pembentuk rambut dan juga berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan.

Nah itulah beberapa manfaat minyak zaitun yang bisa saya tuliskan disini. Semoga bisa bermanfaat ya. Saya menulis ini dari beberapa sumber, sobat bisa membaca pada sumber aslinya dengan mengunjungi link referensi yang sudah saya berikan diatas. Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here