Di jaman yang semakin modern ini, siapa yang tidak mengerti internet. Paling tidak, lebih dari 50% orang di dunia ini sudah pasti tau apa itu internet.

Hadirnya internet memiliki banyak dampak dan perubahan terhadap perilaku manusia. Seperti bila dahulu kita ingin bekerja atau berjualan harus pergi kepasar atau harus memiliki toko dahulu, dengan adanya internet kita bisa melakukan itu hanya dari handphone ataupun laptop kita.

Bagaimana internet bisa melakukan itu semua? mari kita ketahui sejarah perkembangan internet dari awal dibangun saat pertama kalinya berikut ini.

Sejarah Internet

Pengertian dan Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibangun oleh Departtemen Pertahanan Amerika Serikat ditahun 1969.

Proyek ini dikerjakan melalui proyek lembaga ARPA yang dapat mengembangkan sebuah jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikannya dengan menggunakan perangkat hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dari proyek pembangunan ini ialah untuk kepentingan militer. Ketika itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membangun sistem jaringan komputer yang tersebar, dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga.

Pada awalnya, ARPANET hanya menghubungkan 4 situs, yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

Mereka membentuk satu jaringan terpadu ditahun 1969 dan secara umum ARPANET diperkenalkan dibulan Oktober tahun 1972.

Seiring berjalannya waktu, proyek ARPANET berkembang pesat dibanyak daerah dan juga diberbagai Universitas, tentu saja hal ini kemudian membuat ARPANET mengalami kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itulah, kemudian ARPANET dipecah menjadi dua, yakni “MILNET” untuk kepentingan militer dan “ARPANET” versi baru yang lebih kecil yang dipergunakan untuk kepentingan non militer.

Gabungan dari kedua jaringan ini kemudian dikenal dengan nama “DARPA Internet”, yang pada akhirnya disederhanakan lagi menjadi “Internet” yang saat ini umum kita kenal.

Pengertian Internet

Internet ialah kependekan dari kata Interconnection Networking. Pengertian internet sendiri ialah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP / IP) sebagai protokol pertukaran pakaet (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia.

Internet juga dapat kita sebut sebagai dunia tanpa batas. Maksudnya adalah semua orang memiliki hak yang sama di internet. Sehingga internet menjadi dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.

Internet juga menjadi salah satu pemicu adanya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Dengan menggunakan internet, pengguna dapat mengakses sebuah informasi yang disimpan didalam komputer yang ada dibelahan dunia lain.

Dengan adanya internet, menjadikan dua orang dari belahan dunia yang berbeda dapat melakukan komunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, hukum ataupun birokrasi seuatu negara.

Internet sendiri memiliki dua peranan penting, diantaranya ialah sebagai :

  • Sebagai Sumber Data dan Informasi

Disebut sebagai sumber data dan informasi ialah karena dengan menggunakan internet kita dapat dengan mudah mencari suatu informasi dan data yang kita butuhkan.

Dengan adanya internet, kita dapat dengan mudah mengetahui update berita terbaru yang sedang terjadi disekeliling kita dengan sangat mudah dan simple. Selain update berita, di internet kita juga bisa mendapatkan banyak inspirasi yang kita butuhkan.

  • Sebagai Pertukaran Data dan Informasi

Selain untuk mengakses data dan informasi, tentunya internet juga mampu untuk melakukan pertukaran data dan juga informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

Dua komputer yang berada di tempat berbeda dapat melakukan pertukaran data juga informasi pada waktu bersamaan dengan menggunakan internet. Sehingga internet ini dapat menyingkat waktu, karena dapat menghilangkan batas ruang dan waktu.

Kelebihan dan Kekurangan Internet

Adanya layanan internet menjadikan perkembangan menjadi begitu cepat, karena mampu memberikan daya tarik atau keunggulan bila dibandingkan dengan media lain. Disamping selain memiliki keunggulan, internet juga memiliki kekurangan atau kelemahan dalam penggunaannya.

Adapun kelemahan dan kelebihan dari internet itu sendiri, adalah sebagai berikut :

Kelebihan Internet

Berikut adalah kelebihan atau keunggulan dari internet.

  1. Jangkauan internet bersifat umu , artinya tidak mengenal tempat, waktu, ataupun alur birokrasi. Sehingga setiap orang diseluruh dunia boleh mengakses internet dengan bebas, baik untuk keperluan mencari informasi, promosi produk dan jasa ataupun berkomunikasi dengan sahabatnya.
  2. Akses internet tidak terbatas oleh waktu, sehingga kita dapat mengakses internet kapanpun dan dimanapun kita ingin mengaksesnya, hal ini karena internet selalu online 24 jam non stop.
  3. Efektifitas dan efisiensi internet dalam membantu menyelesaikan pekerjaan menjadi daya tarik yang menarik bagi orang-orang untuk memakai internet. Karena internet mampu mencari berbagai informasi dengan cepat.
  4. Dengan menggunakan internet, kita dapat berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya yang berada ditempat yang jauh dengan lebih interaktif dan fleksibel. Selain itu, dengan semakin banyaknya fasilitas internet seperti chatting dan teleconference memungkinkan pengguna internet dapat melakukan komunikasi dengan tulisan, berbicara hingga bertatap muka (video call) dengan lawan komunikasinya.

Kelemahan Internet

Selain memiliki keunggulan, tentunya internet juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan. Adapun kelemahan dari internet itu sendiri diantaranya adalah.

  1. Adanya virus komputer yang dapat masuk dari komputer satu kedalam komputer lainnya melalui jaringan internet. Tentunya ini menjadi salah satu masalah serius dari dampak adanya internet itu sendiri, oleh karena itu, bila kita terhubung dengan internet selalu aktifkan antivirus yang ada dikomputer kita untuk menghindari penularan virus yang tersebar di seluruh jagat maya (internet).
  2. Banyaknya pengguna yang melakukan akses internet secara bersamaan, sehingga membuatnya semakin berat untuk diakses. Namun pada hari ini, kelemahan internet yang satu ini sudah sangat jarang terjadi.
  3. Dengan adanya kebebasan yang terjadi dalam akses informasi didalam dunia maya (internet), hal ini selain menguntungkan bagi kita, juga menjadi salah satu keuntungan bagi para pelaku tindak kejahatan yang terjadi di internet (cybercrime), misalnya seperti kegiatan hacking, phising, cracking, carding, spamming, malware, cyber terorisme, dan juga pornografi.

Manfaat Internet

Seiring berkembangnya teknologi informasi, menjadikan internet begitu penting dalam memberikan kontribusi dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Nah dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat internet bagi berbagai macam bidang yang ada dalam kehidupan manusia.

Manfaat Internet dalam Bidang Komunikasi

Internet menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi setiap orang untuk melakukan komunikasi. Karena dengan menggunakan internet kita dapat berkomunikasi dengan mudah, murah dan cepat bila dibanding dengan telepon atau surat konvensional.

Tidak hanya menggunakan email ataupun surel untuk dapat berkomunikasi, saat ini di internet sudah banyak sekali media untuk chatting yang memanfaatkan layanan internet.

Salah satu aplikasi yang paling sering kita gunakan untuk berkomunikasi ialah Messanger, We Chat, WhatsApp, Telegram atau aplikasi yang sejenisnya.

Selain untuk chatting, kita juga bisa melakukan panggilan video secara langsung, seperti WhatsApp yang menyediakan fitur video call, juga Facebook Messanger yang juga menyediakan layanan video call.

Manfaat Internet dalam Bidang Pendidikan

Internet dalam dunia pendidikan menjadi sarana yang cocok bagi setiap siswa untuk mencari informasi terbaru, terupdate dan tentunya dengan cara yang mudah. Beberapa manfaat internet bagi dunia pendidikan diantaranya ialah.

Sebagai Sumber Informasi Tambahan

Dengan hadirnya internet didunia pendidikan, menjadikan setiap siswa dapat mencari suatu informasi dengan mudah sebagai referensi pelajaran tambahan.

Dengan demikian, siswa dapat menjadi lebih dalam menerima pembelajaran yang ada diekolah, karena telah memiliki pengetahuan dasar yang ada di Internet.

Namun walau demikian, informasi yang ada di internet tentu saja kadang tidak sesuai dengan kebenarannya. Oleh sebab itu, menanyakan pada seorang Guru langsung adalah langkah penting untuk kebenaran suatu informasi yang didapat dari internet.

Mendorong Kemandirian dalam Belajar

Adanya internet dalam dunia pendidikan akan dapat menjadikan seseorang lebih mandiri dalam mencari sumber informasi yang dibutuhkannya.

Bila seorang siswa tidak memiliki buku sebagai media belajarnya, internet bisa menjadi pilihan kedua sebagai pusat informasi mengenai apa yang sedang dicarinya.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa kebenaran informasi di internet tidak selalu benar, oleh sebab itu pastikan mencari sumber informasi pelajaran di situs-situs yang terpercaya, misalnya seperti Wikipedia.org atau Wikinesia.org.

Internet Sebagai Media Belajar yang Menarik

Salah satu keunggulan internet dibidang pendidikan ialah sebagai media pembelajaran yang menarik. Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi pendidikan yang memanfaatkan internet yang mampu menjadikan penggunanya lebih giat belajar dan menjadi lebih pandai.

Sebagai contoh media belajar yang memanfaatkan internet yang kini lagi ngetrend ialah Brainly, Ruang Guru dan beberapa aplikasi lainnya yang juga nggak kalah menariknya.

Apalagi dimasa pandemi COVID-19 yang kini sedang mengguncang dunia, menjadikan pendidikan berbasis internet menjadi salah satu jalan yang harus ditempuh bagi mereka yang ingin tetap aktif belajar walau hanya dari rumah.

Oleh karena itu, bagi sobat yang kini masih tidak dapat masuk sekolah karena masa pandemi COVID-19 masih mengguncang, kita masih dapat belajar dari rumah dengan memanfaatkan internet sebagai media informasi kita untuk menambah pengetahuan yang kita miliki.

Selain sebagai media belajar, internet juga banyak menjadi sumber inspirasi bagi mereka yang mencari informasi di dalam internet.

Sering sekali saat kita menjelajah di internet untuk mendapatkan informasi, didalamnya juga terdapat banyak inspirasi-inspirasi hal-hal baru atau cara-cara belajar yang baru yang sebelumnya belum kita jumpai di sekolah.

Oleh karena banyaknya sumber informasi dan inspirasi yang kita dapatkan di internet, biasanya akan mampu menjadi salah satu pendorong bagi kita untuk dapat tumbuh menjadi lebih kreativ..

Manfaat Internet dalam Bidang Pemerintahan

Diera modern yang kini semakin canggih ini, internet tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai media informasi saja. Namun lebih daripada itu, internet bisa menjadi salah satu media bagi Pemerintah untuk menerima aspirasi dari berbagai kalangan masyarakat.

Dengan adanya internet, masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya dengan cara yang mudah tanpa harus berdemonstrasi yang dapat berakibat pada kekerasan.

Pemerintah juga dapat memberikan info-info terbaru soal-soal apa yang sedang terjadi kepada masyarakat, dengan tujuan agar hak-hak masyarakat dapat menjadi transparan dan tersalurkan dengan baik.

Apalagi dalam masa pandemi sekarang ini, yang menjadikan berbagai macam pengurusan kepentingan masyarakat yang harus dilakukan serba online, seperti membuat e-KTP, BPJS, ataupun hal-hal lain yang sifatnya berhubungan antara kepentingan masyarakat dengan pemerintahan.

Manfaat Internet dalam Bidang Kesehatan

Didalam bidang kesehatan, internet juga menjadi sarana yang sangat penting untuk mendapatkan informasi terbaru soal kesehatan.

Bahkan kita dapat langsung melakukan konsultasi secara online dengan dokter spesialis dengan gratis tanpa biaya. Selain itu, kita juga tidak perlu repot-repot datang ke rumah sakit dan mengantri selama berjam-jam untuk dapat bertemu dengan dokter spesialis dari apa yang hendak kita konsultasikan.

Salah satu contoh bidang kesehatan yang memanfaatkan internet untuk keperluannya ialah Hallodoc. Disana kita bisa melakukan konsultasi langsung dengan dokter dan juga membeli obat langsung secara online.

Bahkan saat ini sudah banyak sekali rumah sakit-rumah sakit yang sudah menyediakan pendaftaran secara online untuk berobat ataupun berkonsultasi dengan dokter.

Sehingga memudahkan pasien agar tidak repot-repot antri mendaftar untuk mendapatkan nomor urut. Kita bisa langsung mendaftar online dan mendapatkan nomor urut serta jam berapa harus bertemu dengan dokter yang kita butuhkan.

Manfaat Internet dalam Bidang Bisnis

Seiring berkembangnya teknologi, bisnis pun turut berkembang mengikuti alurnya. Bila dahulu dunia bisnis hanya sebatas dunia perdagangan yang terjadi didalam suatu pasar, namun sekarang berbisnis dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun melalui internet.

Bahkan, dengan adanya internet kita dapat menjual dan memasarkan produk yang kita miliki secara online. Kita bahkan tidak perlu repot-repot pergi keluar negeri untuk menawarkan jasa atau produk kita ke banyak orang diseluruh dunia.

Dengan internet kita dapat melakukan hal tersebut hanya dengan duduk didepan komputer dan memasarkan produk yang kita miliki agar dikenal diseluruh dunia.

Dalam hal jual beli produk didunia bisnis, kita dapat memanfaatkan berbagai macam media yang memanfaatkan internet. Misalnya Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, Lazada, Amazon, dan berbagai macam media lainnya.

Kita juga dapat memanfaatkan Google Ads untuk memperkenalkan dan menjual jasa kita ke banyak orang, bahkan dengan Google Ads, kita dapat menjaring pasar-pasar yang berpotensi akan menggunakan atau membeli produk yang kita tawarkan.

Jadi, dalam dunia bisnis internet menjadi sangat bergantung padanya. Terlebih di era zaman yang serba instan seperti sekarang ini.


Saat ini mengakses informasi sudah sangat mudah dilakukan, dan saya percaya sobat pasti juga sudah memahami apa itu internet, fungsi yang dimilikinya dan juga manfaat yang diberikan olehnya.

Akan tetapi mampukah kita memanfaatkan internet untuk hal-hal yang bermanfaat bagi kita dan orang lain? Itulah yang harus kita jawab dan kerjakan sekarang.

Bagaimanapun juga internet adalah media yang sangat bebas. Hal-hal baik maupun baik bisa saja terjadi karena adanya internet. Oleh sebab itu, dalam menggunakan layanan internet ini, pastikan kita dapat membedakan hal-hal yang baik dan yang buruk.

Agar kehadiran internet dalam kehidupan kita dapat membawa manfaat dan berkah, baik untuk diri kita sendiri juga bagi orang lain.

Sekian dari saya mengenai pembahasan seputar pengertian internet ini. Terima kasih semoga bermanfaat.

Referensi :

  • Buku catatan sekolah (KKPI), dengan beberapa perubahan dari tulisan aslinya.
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *