Siapa bilang bisnis itu susah, bisnis itu mudah banget kita lakukan, yang penting kita punya modal dan keinginan tinggi untuk berbisnis, apalagi kita punya orang tua yang kaya atau punya warisan dari orang tua, itu sudah cukup untuk mengembangkan bisnis, jadi bisa dikatakan bisnis itu mudah banget kita lakukan.

Yang sulit itu, adalah bisnis yang dimulai dari awal, dari mulai ndak punya uang, dari kerja keras banting tulang, bisnis yang susah itu bisnis yang dimulai dari impian kecil kita yang kita bangun perlahan hingga menjadi sukses, dari modal 0 rupiah, bisnis yang dibangun dari modal impian yang ditertawakan oleh orang-orang, itu adalah bisnis yang susah.

Namun, bisnis yang susah dan sulit, mampu memberikan kita pelajaran, memberikan kita pengalaman, membantu kita membaca peluang usaha yang bisa bertahan dari terjangan ekonomi yang berdarah-darah, jadi berbisnis itu mudah, yang susah itu bisnis yang dimulai dari awal.

“Lupakan omongan saya diatas, itu nggak ada gunanya, langsung aja baca beberapa peluang bisnis dibawah ini ya”.

Dibawah ini merupakan beberapa peluang bisnis yang menurut saya menguntungkan dan bisa sobat jalankan, pilih dan sesuaikan saja dengan yang cocok dengan sobat. Ingat, nggak usah banyak-banyak milihnya, cukup satu dan fokuskan hingga berhasil, kalau sudah berhasil bolehlah nambah bisnis yang lainnya.

Baca pula : “Mengapa Harus Fokus Dalam Berbisnis?

Menjadi Agen Travel Online

Menjadi Agen Travel

Mengapa saya sarankan menjadi agen travel online? Itu karena saya sudah pernah mencoba bisnis yang satu ini. Menjadi agen travel bisa dibilang salah satu bisnis online yang paling cepet dapet uangnya. Karena kita bisa mengambil keuntungan harian ataupun mingguan.

Untuk menjadi agen travel online, pertama sobat harus mencari rute travel yang paling banyak dicari di Google, bisa mengeceknya di Google Keyword Planner, Ubbersuggest atau Ahrefs. Cara termudah untuk mengetahui bahwa rute yang akan sobat pilih menjanjikan adalah dengan mengeceknya langsung di Pencarian Google.

Namun pastikan mengeceknya di perangkat Handphone, karena biasanya siapapun yang ngiklan disana akan ketahuan di perangkat handphone sobat. Setelah itu sobat perlu mencari perusahaan penyedia travel. Tips untuk mencari penyedia travel yang akan sobat jadikan partner sobat adalah dengan mencari perusahaan travel yang belum bisa pemasaran online atau yang belum terlalu terkenal, namun memiliki pelayanan yang bagus.

Karena tipe perusahaan yang seperti itu bisa lebih mudah diajak kerjasama, dan nggak terlalu ribet, namun pastikan travel tersebut benar-benar ada, dan benar-benar melayani jasa layanan travel, untuk memastikannya sobat bisa langsung datang langsung ke tempatnya.

Namun sobat tidak harus selalu memilih penyedia travel yang masih belum terkenal, pengalaman saya, saya pernah bekerja sama dengan penyedia travel yang sudah dipercaya banyak pelanggan dan sudah dikenal di internet namun karena saya memiliki keahlian beriklan di Google, jadi saya memilihnya untuk bekerja sama dengan saya.

Keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menjadi agen travel biasanya tergantung dari kebijakan si pemilik travel, namun pada umumnya kita bisa mengambil keuntungan mulai dari 15rb hingga 50rb tiap penumpang travel yang kita jalankan.

Jadi apabila setiap hari kita bisa mendapatkan 2-5 penumpang, dalam sehari kita bisa mendapatkan komisis 100-250rb, bila kebijakan pembagian hasilnya perpenumpang adalah 50rb.

Untuk menjadi agen travel, media yang dapat kita gunakan untuk melakukan promosi adalah di sosial media seperti Facebook dan juga Instagram, bahkan lebih baik lagi bila kita mempromosikannya lewat media iklan Google Ads, hanya saja membutuhkan biaya untuk iklan.

Jual Produk Kuliner

Menjuall produk kuliner
Gambar oleh TeeFarm dari Pixabay

Perkembangan internet yang semakin canggih menjadikan banyak hal bisa dilakukan secara online, bahkan bila ditengah malam kita lapar dan enggan memasak, atau mau memasak namun bahannya nggak ada kita bisa memesannya secara online, baik menggunakan jasa Gosend atau Grab.

Dalam beberapa menit kemudian pesanan kita akan langsung diantar. Dalam kasus ini, kita bisa mendapatkan peluang yang cukup menguntungkan untuk ikut berpartisipasi didalamnya. Yakni dengan turut berjualan produk makanan di internet atau secara online.

Untuk media pemasaran untuk produk kuliner kita bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook ataupun Instagram. Ada banyak sekali media sosial yang membahas seputar kuliner sambil berjualan produk kuliner mereka sendiri. Begitupula dengan sobat, sobat bisa mendapatkan peluang besar juga bila berjualan produk kuliner yang tepat.

Baca juga : “Produk Kuliner yang Cocok Untuk Bisnis Online

Menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber
Gambar oleh Germany Photography dari Pixabay

Entahlah menjadi Youtuber itu termasuk bisnis atau bukan, tapi yang penting kan dapet uang hehe. Kalian pasti kenal dengan Reza el Ichsan kan, atau Atta Halilintar, atau Ria Ricis, Atau Dedi Corbuzier atau yang lainnya lah.

Mereka bertiga memiliki follower hingga jutaan, bayangkan jika dimonetasi berapa pendapatan yang akan didapatkan dari iklan yang ditayangkan di channel mereka. Meskipun demikian Dedy Corbuzier lebih memilih tidak memonetasi channel Youtubenya.

Jadi jika sobat nggak pandai berjualan, sobat bisa memilih menjadi Youtuber, nggak perlu menjadi seperti Atta atau Ria Ricis, sobat bisa membuat konten Youtube lainnya, sesuaikan saja dengan hobi sobat biar nggak males bikin konten.

Misalnya sobat suka nyanyi, sobat bisa bernyanyi di channel sobat, atau sobat suka nguliner, sobat bisa membuat konten Youtube seputar kuliner, makan-makan, minum-minum atau konten berupa review dan tempat makan rekomendasi.

Contoh lain sobat suka Sholawatan dan Pengajian, maka sobat bisa merecord video Sholawatan dan Pengajian yang sobat hadiri lalu menguploudnya di Youtube. Bahkan apapun kesukaan sobat bisa sobat jadikan konten channel Youtube sobat, dengan syarat nggak melanggar ketentuan Youtube.

Baca pula : “Inspirasi Niche untuk Konten Youtube

Menjadi Seorang Blogger

Menjadi Blogger Bisa Menjadi Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Masa Pandemi Covid-19
Gambar oleh Kardono Kardono dari Pixabay

Apasih Blogger itu? Setau yang saya pahami, Blogger itu adalah seorang yang gemar menulis dan menuangkan tulisan mereka dalam sebuah blog yang bisa dibaca oleh banyak orang. Salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh Blogger untuk menulis dan menuangkan ide kreativitas tulisan mereka adalah Blogger.com (Blogspot.com) dan juga WordPress.com.

Jadi buat sobat yang suka nulis, sobat bisa memanfaatkan tulisan sobat untuk menjadi sumber penghasilan tambahan sobat, misalnya menjadi seorang penulis, mengikuti lomba blog, mengikuti lomba cerpen, atau menjual produk yang sobat miliki melalui blog sobat, bisa berupa cerita, atau pengalaman dalam menggunakan produk yang sobat jual.

Selain itu, salah satu sumber penghasilan blogger juga bisa berasal dari Affiliate, apasih Affiliate itu? Intinya sobat melakukan sebuah review tulisan dan didalam tulisan sobat terdapat link yang menyarankan atau mengarahan pembaca tulisan sobat untuk menuju dan membeli produk yang sedang sobat review.

Jika sobat pandai mencari peluang, tulisan sobat sebagai blogger akan sangat berguna bagi orang lain dan akan menguntungkan bagi sobat sendiri. Kalau sobat tertarik untuk menjadi blogger dari sekarang segeralah memulainya. Sobat bisa mengawali tulisan pertama sobat dengan mendaftar di Blogger.com atau di WordPress.com.

Jualan Busana Muslim

menjual busana muslim, bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di masa pandemi

Kita pasti tau dong kalau mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, itu sebabnya mengapa menjual aneka kebutuhan masyarakat muslim bisa menjadi peluang besar untuk bisnis sobat.

Misalnya seperti jualan gamis, jubah akhwat, kerudung, hijab dan lainnya. Sobat juga bisa jualan beragam aksesoris wanita muslimah, seperti masker, cadar, gelang, cincin, kalung atau kebutuhan wanita muslimah lainnya yang banyak dibutuhkan oleh para wanita muslimah.

Busana muslim menjadi salah satu produk yang paling laris dan nggak ada habisnya, bahkan setiap tahun selalu ada model terbaru yang makin banyak digemari, sehingga ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis online yang menguntungkan untuk dijalankan.

Untuk berjualan busana muslim, bahkan sekarang kita ndak perlu stok atau membayar terlebih dahulu. Ada banyak sekali produsen, distributor ataupun agen busana muslimah yang memperbolehkan siapapun untuk memasarkan produknya dengan memberikan komisi pada mereka yang berhasil menjualkannya (dropshipper).

Cara mencari penyedia busana muslimah yang bisa di dropship bisa dengan mencarinya di marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli atau marketplace lain yang sobat percayai.

Baca pula : “Tempat Dropship Busana Muslim Gratis

Membuka Jasa Desain Grafis Online

Desainer Grafis Bisnis Online yang menjanjikan
Gambar oleh ptra dari Pixabay

Sekarang untuk mencetak banner, undangan nikah atau yang lainnya kita nggak perlu antri dengan orang lain yang juga ingin mencetak banner atau membuat undangan pernikahan. Saat ini kita sudah bisa memesan jasa desain secara online, dan hanya datang langsung ke tempat penyedia jasa desain saat pesanan sudah selesai.

Jasa desain juga semakin hari semakin banyak dicari, karena kebutuhan pemasaran, branding, atau editing foto yang semakin banyak dibutuhkan baik oleh perorangan hingga tingkat instansi.

Jadi buat sobat yang pandai atau jago desain, sudah saatnya untuk mencoba menjadi freelancer desainer online, menyediakan jasa desain online. Sehingga sobat bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan desain sobat.

Menjual Buku Online

Menjual Buku Bisa Menjadi Peluang Bisnis Online yang Menguntungkan
Buku yang paling aku suka

Minat baca buku di Indonesia mungkin memang rendah, namun masih ada banyak banget orang-orang yang gemar membaca buku. Walaupun demikian sepertinya masih tidak terlalu banyak yang bergerak dibidang jual buku online. Kalaupun ada biasanya harganya cukup mahal sedangkan buku yang di sediakan kadang kurang bermutu.

Dengan begitu sobat bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memberikan yang berbeda terhadap calon pembeli buku yang sobat jual. Misalnya sobat hanya menjual buku original, buku yang langsung diambil dari penulisnya langsung, atau sobat juga bisa menjual beragam buku lawas, karena biasanya buku-buku yang sudah lawas memiliki harga yang cukup mahal daripada buku keluaran terbaru.


Nah jadi begitu sob, walaupun sekarang kita sedang dilanda pandemi covid-19, kita harus tetap bangkit untuk terus berusaha mencari peluang yang ada. Jangan sampe kita loyo digempur covid, saatnya bangkit dan terjang covid-19 sampe buyar.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *