Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya – Salah satu makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah SWT adalah malaikat. Malaikat merupakan salah satu makhluk Allah SWT yang diciptakan khusus untuk taat dan beribadah kepada-Nya serta mengerjakan tugas-tugas-Nya.

Kita sebagai umat Islam wajib mengimani adanya malaikat. mengimani malaikat bukan berarti kita harus menyembah kepadanya karena Dzat satu-satunya yang wajib kita sembah adalah Allah SWT.

Meskipun keberadaan malaikat tidak dapat dilihat, kita sebagai umat Islam memiliki kewajiban untuk mempercayainya.

Selain Malaikat Jibril yang kita ketahui sebagai penyampai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW, terdapat malaikat lainnya yang memiliki tugas masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 10 nama-nama malaikat dan tugasnya.

Malaikat Jibril

Malaikat Jibril memiliki tugas sebagai penyampai wahyu Allah SWT. Untuk diberikan kepada Nabi dan Rosul.

Selain bertugas menyampaikan wahyu, Malaikat Jibril juga bertugas meniupkan roh kepada semua janin yang ada dalam setiap kandungan Ibu.

Ruhul Qudus (roh yang suci) dan Ruhul Amin (roh yang dipercaya) merupakan sebutan bagi Malaikat Jibril.

Terkait dengan tugas Malaikat Jibril, Allah SWT menyebutkannya dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 97 berikut.

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِّجِبْرِيْلَ فَاِنَّهٗ نَزَّلَهٗ عَلٰى قَلْبِكَ بِاِذْنِ اللّٰهِ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُؤْمِنِيْنَ – ٩٧

Artinya :

Katakanlah: “Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al-Qur’an) kedalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.” (Q.S. Al-Baqarah [2]:97).

Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah malaikat yang diutus atau ditugasi oleh Allah SWT sebagai pengatur alam semesta untuk kebutuhan manusia.

Malaikat Mikail membagikan rezeki kepada semua makhluk yang ada didunia serta mengatur hujan, angin, dan tanaman-tanaman yang ada di bumi.

Adapun firman Allah SWT yang menyebutkan tentang nama Malaikat Mikail sebagai berikut.

مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِّلّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَرُسُلِهٖ وَجِبْرِيْلَ وَمِيْكٰىلَ فَاِنَّ اللّٰهَ عَدُوٌّ لِّلْكٰفِرِيْنَ – ٩٨

Artinya :

“Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh-musuh orang-orang kafir.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 98).

Malaikat Israfil

Malaikat Israfil memiliki tugas untuk meniup sangkakala yang menjadi tanda bahwa hari kiamat sudah tiba dan untuk membangkitkan manusia dari alam kubur.

Hal ini sesuai dengan firman-Nya dalam surah Az-Zumar ayat 68 sebagai berikut.

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ – ٦٨

Artinya :

“Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang dilangit dan dibumi keculi siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (Q.S. Az-Zumar [39]: 68).

Malaikat Izrail

Malaikat Izrail diberikan tugas oleh Allah SWT untuk mencabut nyawa setiap makhluk apabila waktu hidup didunianya sudah habis.

Malaikat Izrail akan mencabut nyawa setiap orang yang beriman dengan cara yang halus. Sedangkan bagi orang-orang yang termasuk golongan tidak beriman, senang bermaksiat dan durhaka kepada Allah SWT akan dicabut nyawanya dengan cara yang kasar.

Nama lain dari Malaikat Izrail adalah Malaikat Maut. Nama Malaikat Izrail disebutkan dalam Al-Qur’an dengan nama Malaikat Maut.

۞ قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ ࣖ – ١١

Artinya :

Katakanlah “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan.” (Q.S. As-Sajdah [32]: 11).

Malaikat Raqib

Malaikat Raqib adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah SWT sebagai malaikat pencatat amal kebaikan yang dilakukan oleh manusia selama hidupnya.

Kebaikan sekecil apapun yang kita lakukan akan dicatat oleh Malaikat Raqib. Allah SWT berfirman dalam Surah Qaf ayat 17 dan 18 sebagai berikut.

اِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الْيَمِيْنِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيْدٌ – ١٧

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلَّا لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ – ١٨

Artinya :

“(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seseorang duduk disebalah kanan dan yang lain duduk disebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada didekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (Q.S. Qaf [50]: 17-18).

Malaikat Atid

Malaikat Atid adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah SWT untuk mencatat amal keburukan.

Malaikat Raqib Atid memiliki sebutan Kiraman Katibin (bersama Malaikat Raqib) yang berarti pencatat perbuatan-perbuatan manusia.

Perbuatan buruk sekecil apapun yang dilakukan oleh manusia kelak akan dipertanggung jawabkan di akhirat. Sebagaimana firman Allah SWT sebagai berikut.

وَاِنَّ عَلَيْكُمْ لَحٰفِظِيْنَۙ – ١٠

كِرَامًا كَاتِبِيْنَۙ – ١١

يَعْلَمُوْنَ مَا تَفْعَلُوْنَ – ١٢

Artinya :

“Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjan-pekerjaanmu itu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Infitar [82]: 10-12).

Malaikat Munkar

Malaikat Munkar adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah SWT untuk memberikan pertanyaan kepada manusia saat berada di alam kubur.

Ia tidak akan memberikan siksaan ketika bertanya kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh.

Akan tetapi, ia akan memberikan siksaan yang pedih ketika bertanya kepada orang-orang yang tidak beriman kepada Allah SWT.

Malaikat Nakir

Malaikat Nakir diberikan tugas oleh Allah SWT tidak berbeda dengan tugas yang diberikan kepada Malaikat Munkar, yakni memberikan pertanyaan kepada manusia saat berada dialam kubur.

Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan adalah malaikat yang diberikan tugas oleh Allah SWT sebagai pintu surga.

Didalam surga terdapat kenikmatan yang bersifat abadi yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang saleh semasa hidupnya didunia.

Jerih payah dan ketaatannya akan diganti berlipat ganda oleh Allah SWT dan Malaikat Ridwan akan menyambut para penghuni surga dengan sangat santun dan ramah.

Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah malaikat yang ditugaskan oleh Allah SWT sebagai penjaga neraka. Neraka merupakan tempat yang diperuntukkan bagi orang-orang yang berbuat maksiat dan durhaka kepada Allah SWT.

Malaikat Malik tidak pernah tersenyum, kecuali hanya sekali, yaitu saat ia bertemu Rasulullah SAW.

Karakter yang dimiliki Malaikat Malik yaitu kejam, keras, dan kasar. Selain itu, ia memiliki wujud yang sangat mengerikan.

Berikut firman Allah SWT yang menyebutkan tentang nama Malaikat Malik.

وَنَادَوْا يٰمٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَۗ قَالَ اِنَّكُمْ مَّاكِثُوْنَ – ٧٧

Artinya :

Mereka berseru: “Hai Malik, biarlah Tuhanmu membunuh kami saja”. Dia menjawab: “Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).” (Q.S. Az-Zukhruf [43]: 77).

Adapun sifat-sifat Malaikat diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Senantiasa Bertasbih kepada Allah SWT.
  2. Bersifat Gaib.
  3. Tidak Pernah Membangkang.
  4. Tidak akan Meninggal sampai Datang Hari Kiamat.
  5. Memohonkan Ampun untuk Orang yang Beriman.
  6. Memberi Salam kepada Ahli Surga.
  7. Tidak Memiliki Jenis Kelamin.
  8. Tidak Memiliki Hawa Nafsu.
  9. Tidak Memiliki Rasa Sombong.
  10. Dapat Mengubah Bentuk Menjadi Makhluk yang Lain atas Kehendak Allah SWT.

Tempat atau rumah yang tidak akan dimasuki oleh malaikat diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tempat yang didalamnya terdapat anjing (kecuali anjing itu untuk kepentingan menjaga keamanan, pertanian, dan berburu).
  • Tempat yang didalamnya terdapat patung atau gambar.
  • Tempat yang didalamnya ada seorang muslim yang mengacungkan senjata terhadap saudaranya sesama muslim.
  • Tempat yang memiliki bau tidak sedap atau menyengat.

Adapun hikmah dari beriman kepada Malaikat Allah yakni dapat memberikan pengaruh positif bagi kehidupan manusia.

Hikmah yang dapat diambil ketika kita sudah mengimani malaikat-malaikat Allah diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dapat menghindarkan diri dari perbuatan tercela yang akan menurunkan martabat dan derajat dari manusia itu sendiri.
  2. mendorong manusia untuk selalu meningkatkan amal baik, karena menyadari bahwa sekecil apapun tindakan baiknya akan dicatat oleh malaikat.
  3. Meningkatkan keimanan manusia kepada Allah, mengingat malaikat merupakan salah satu ciptaan-Nya.
  4. Membentuk jiwa seorang muslim yang benar-benar bertaqwa kepada Allah karena iman kepada Allah dan malaikat merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
  5. Mendorong manusia untuk senantiasa bertindak hati-hati karena dia menyadari bahwa setiap perbuatannya selalu diawasi oleh para malaikat.

Bagaimana kita meneladani sifat malaikat?

Seorang muslim yang senantiasa beriman kepada Allah SWT dan percaya akan adanya malaikat ia akan senantiasa ikhlas dan taat dalam menjalankan segala perintah Allah.

Mereka percaya bahwa semua perbuatan yang dilakukannya merupakan ibadah yang kelak akan mendapatkan balasan dari Allah SWT.

Oleh karena itu, mereka tidak akan pernah merasa sia-sia dalam beribadah. Ikhlas dalam beribadah dapat menghindarkan seorang muslim dari rasa lelah ataupun terpaksa dalam melakukannya.


Sumber Gambar :

Sumber Referensi Lain :

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *