Ngawi adalah sebuah kabupaten kecil yang terletak di ujung barat Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Ngawi memiliki cukup banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Selain destinasi wisata alamnya yang menarik, Ngawi juga memiliki beragam destinasi wisata kuliner yang enak dengan harga yang murah tapi nggak murahan nih sob.

Beragam masakan kuliner yang ada di Ngawi memiliki racikan bumbu-bumbu yang digunakan secara turun-temurun. Sehingga tentu saja pilihan bumbu-bumbu yang digunakan memiliki kualitas yang tinggi.

Jika sobat sedang berada di Ngawi atau hanya sekedar singgah dalam perjalanan, nggak ada salahnya untuk mencicipi aneka kuliner khas Ngawi yang kaya akan rasanya yang lezat dan nikmat.

Nah untuk itu, disini saya akan merangkum beberapa daftar makanan khas Ngawi yang bisa menjadi pilihan sobat saat berkunjung disana.

Tepo Tahu Khas Ngawi

Makanan Khas Ngawi

Tepo tahu selain dapat sobat temui di daerah Magetan juga dapat sobat jumpai di Kabupaten Ngawi.

Tepo tahu adalah tahu lontong yang penyajiannya mirip dengan tahu campur, hanya saja pada kuliner tahu tepo ini sedikit berkuah.

Tepo tahu terdiri dari lontong, irisan tahu goreng, kubis, taburan seledri dan juga kacang. Semua sajian tersebut kemudian disiram dengan kuah kecap pedas manis.

Meskipun dengan tampilan yang sederhana, kuliner khas Ngawi yang satu ini memiliki aroma yang khas serta mampu menggugah selera makan kita.

Pecel Lethok

Makanan Khas Ngawi

Salah satu kuliner khas yang banyak dijumpai di Jawa adalah nasi pecel. Kuliner yang satu ini sangat mudah ditemukan dipinggiran jalan, salah satunya adalah didaerah Ngawi.

Nasi pecel yang ada di Ngawi ini bahkan tidak kalah spesial dengan kuliner pecel yang ada didaerah lain.

Bahkan nih sob, Presiden Jokowi saja pernah makanan pecel lethok yang ada di Ngawi ini bersama dengan Bupati Ngawi pada tahun 2014 silam.

Salah satu hal yang bikin nasi pecel lethok ini menjadi makanan khas yang spesial adalah sensasinya yang disajikan dengan pincuk daun jati.

Kalau sobat juga ingin mencicipi kuliner khas Ngawi yang satu ini, sobat bisa datang aja didaerah pasar tradisional dan juga disudut-sudut Kabupaten Ngawi.

Keripik Tempe

Kalau sobat lagi pengen nyemil, keripik tempe bisa menjadi pilihan yang tepat buat nemenin waktu santay sobat saat nyemil.

Keripik tempe merupakan makanan tradisional khas Ngawi sangat mudah dijumpai dimana-mana. Bukan hanya di Ngawi saja, jenis cemilan yang satu ini bahkan dapat kita jumpai dimanapun di Nusantara ini.

Keripik tempe khas Ngawi, memiliki cita rasa yang gurih dan renyah, pokoknya keripik yang satu ini benar-benar cocok buat cemilan dikalan santay sob.

Untuk mencicipi cemilan gurih khas Ngawi ini sobat bisa datang langsung di Jln. M. Duriyat, Gg. Cendrawasih No. 33, Grudo.

Cokelat Tempe Khas Ngawi

Pada umumnya, coklat biasa dipadukan bersama dengan kacang-kacangan, namun pernahkah sobat membayangkan coklat tempe? Pasti belum pernah kan?.

Cemilan unik ini bisa sobat temui di Ngawi tentunya, cemilan ringan yang terbuat dari perpaduan antara coklat dengan tempe ini bisa sobat jadikan cemilan dikala santay.

Selain itu karena keunikannya, sobat bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Ngawi buat keluarga sobat dirumah.

Jika sobat tertarik datang saja langsung dirumah produksinya di daerah Danguk, Karangjati. Selain rasanya yang lezat, harga cemilan inipun sangat bersahabat, yakni mulai dari 10 ribuan saja.

Tongseng Kambing

makanan khas Ngawi

Makanan khas Ngawi yang satu ini mungkin juga dapat sobat temui ditempat lainnya. Akan tetapi tongseng khas Kabupaten Ngawi ini memiliki rasa yang khas dan cukup berbeda dengan yang lain.

Hal ini tentu karena masakan khas Ngawi ini memiliki cita rasa yang sangat pedas dibanding masakan tongseng kambing yang ada ditempat lainnya.

Untuk mencicipi makanan khas yang satu ini, sobat bisa dengan mudah menjumpainya di warung-warung makan yang ada di Ngawi.

Salah satu tongseng kambing yang terkenal berada di Jln. Ahmad Yani No. 46, Beran. Harga yang ditawarkannya cukup murah namun dengan rasa yang nggak murahan.

Rawon Khas Ngawi

Rawon merupakan salah satu makanan khas Ngawi yang juga nggak kalah terkenalnya. Masakan yang terbuat dari daging sapi pilihan dengan campuran tauge ini ternyata menjadi salah satu incaran para pecinta kuliner.

Apabila sobat penasaran dengan masakan khas Ngawi yang satu ini, sobat bisa datang langsung ke warung rawon yang terletak di Jln. Trunojoyo No. 17, Kretek Ngawi.

Sate Gule

Seperti halnya nasi pecel, sate merupakan salah satu kuliner khas yang sangat mudah ditemui dimanapun di Indonesia.

Namun sate yang ada di Kabupaten Ngawi ini bisa dibilang cukup berbeda, karena dalam penyajiannya hanya diberi sedikit kecap saja.

Salah satu olahan sate yang terkenal yang menyediakan kuliner khas sate gule ini adalah sate Gule Pak Lancar yang berada di Jln. Ahmad Yani No. 46.

Bubur Sambel Tumpang

Bubur tumpang menjadi salah satu menu yang pas untuk sarapan kamu sob. Bubur sambel tumpang sudah terkenal dan menjadi makanan favorit masyarakat Ngawi.

Biasanya bubur disajikan dengan suwiran ayam atau jeroan. Akan tetapi di Ngawi bubur ini disajikan dengan lezatnya sambal tumpang. Mungkin karena inilah, bubur ini disebut bubur sambel tumpang.

Yang nggak kalah uniknya lagi, biasanya bubur sambel tumpang disajikan dengan dipincuk daun jati yang mampu menambah cita rasa tersendiri yang khas.

Wedang Cemue

Makanan Khas Ngawi

Wedang cemue, merupakan kuliner khas Ngawi yang berupa minuman yang memiliki rasa mirip dengan sekoteng dan ronde.

Wedang cemue akan sangat nikmat ketika diminum dikala cuaca dingin sehingga mampu menghangatkan suhu tubuh.

Wedang cemue merupakan minuman yang berbahan dasar jahe dan susu. Akan semakin nikmat lagi, apabila dicampur dengan potongan roti atau makanan pendamping lainnya.

Jika sobat penasaran dengan minuman khas Ngawi yang satu ini, sobat bisa dengan mudah menjumpainya di daerah alun-alun kota Ngawi.

Dodol Jambu Merah Khas Ngawi

Makanan Khas Ngawi

Dodol yang satu ini menjadi makanan tradisional yang unik, karena terbuat dari bahan dasar jambu merah.

Dodol jambu merah bisa dengan mudah ditemukan di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi.

Dodol ini memiliki kemasan yang cantik dengan rasa yang lezat, sehingga cocok banget buat kamu jadikan oleh-oleh khas dari Ngawi untuk keluarga sobat dirumah.

Harganya pun cukup terjangkau, yakni mulai dari 6000 saja, dan sobat sudah dapat membawa oleh-oleh khas ini.

Nah sekarang sobat sudah tahukan apa saja makanan khas yang ada di Ngawi? Tentunya bukan hanya beberapa daftar yang ada diatas itu saja.

Masih ada banyak lagi makanan khas Ngawi yang bisa sobat eksplore sendiri dan menemukan makanan khas yang cocok untuk sobat santap.

Referensi :

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *