Berbicara soal makanan khas Bali, sobat tau nggak sih bahwa menurut Wikipedia masakan khas Bali adalah salah satu masakan paling kompleks yang ada didunia.

Pada umumnya, masakan khas Bali menggunakan variasi yang luar biasa dari rempah-rempah, yang dicampur dengan sayuran segar, daging dan juga ikan.

Pulau Bali penduduknya didominasi oleh penganut Agama Hindu, serta tradisi kulinernya yang juga agak berbeda dengan daerah lain yang ada di Indonesia.

Di Bali, terdapat sebuah festival dan perayaan keagamaan termasuk banyak makanan khusus yang disiapkan sebagai persembahan, serta hidangan lainnya yang dikonsumsi secara komunal selama perayaan.

Di Bali nasi selalu dikonsumsi sebagai makanan pokok, biasanya disertai dengan aneka lauk-pauk seperti sayuran, daging, dan juga makanan laut.

Pada umumnya dibali juga banyak digunakan daging babi, ayam, buah dan juga makanan laut, namun seperti kebanyakan umat Hindu daging sapi tidak pernah atau sangat jarang dikonsumsi.

Pulau Dewata (Bali) merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer, karena selain lokasinya yang strategis, Bali juga memiliki banyak sekali aneka makanan dan kuliner khas yang menggugah selera makan kita.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak turis yang datang untuk menikmati keindahan alamnya juga menikmati kelezatan kuliner yang ada.

Nah sudah tahukah sobat, apa saja makanan khas Bali yang lezat dan nikmat? Berikut adalah beberapa daftar makanan khas Bali yang perlu sobat coba.

Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan salah satu kuliner khas Bali yang sudah melekat dihati orang Indonesia, khususnya wisatawan yang sering berkunjung ke Bali.

Ayam betutu merupakan masakan khas Bali yang memiliki cita rasa yang spesial. Dengan perpaduan rasa pedas dan aroma rempah-rempahnya yang kuat, mampu menjadikan olahan kuliner ini begitu berkesan dilidah penikmatnya.

Rumah makan yang menyediakan masakan ayam betutu ini sering dikenal dengan RM, yang merupakan ayam betutu khas Gilimanuk.

Namun sobat nggak perlu khawatir karena rumah makan yang menyediakan masakan ayam betutu ini juga membuka cabang di berbagai daerah di Bali, diantaranya di Jln. Raya Kuta dan juga di Jln. Raya Denpasar.

Nasi Campur Warung Satria

Warung Satria berada di daerah Jl. Kedondong, Denpasar, Bali. Jika sobat berkunjung di Warung Satria ini, sobat akan merasakan sensasi makan dirumah sendiri.

Hal ini dikarenakan makanan yang dihidangkan bernuansa seperti makanan di rumah, misalnya seperti olahan sayur, daging, dan lain sebagainya.

Salah satu yang menjadi perbedaan dengan masakan dirumah ialah bumbu-bumbu khas Bali yang memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari masakan khas dirumah kita sob.

Olahan Kakul Pan Putu

Jika sobat mencari masakan khas Bali yang olahan bahan dasarnya terbuat dari bahan dasar kakul atau siput, sobat bisa menemukannya di Jl. Achmad Yani Utara 187, Denpasar.

Disini sobat bisa menemukan aneka macam olahan masakan siput atau kakul yang ditawarkan dengan aneka jenis masakan, seperti sop, tumis maupun dalam bentuk sate.

Dan sobat tahu nggak sih, kalau kakul atau siput ini juga dipercaya dapat menurunkan hipertensi sehingga sangat berguna banget untuk kesehatan tubuh kita sob.

Rumput Laut Ala Serangan

Rumput laut berbeda dengan rumput disawah ya sob, kalau rumput disawah pada umumnya dipergunakan untuk makanan hewan hehe.

Berbeda dengan olahan rumput lau khas Serangan, Denpasar ini yang mampu membuat sobat ketagihan untuk mencoba lagi.

Biasanya menu makanan yang berbaha dasar rumput laut banyak digunakan sebagai sajian makanan penutup saja. Akan tetapi di Denpasar ini sobat bisa menikmati olahan rumput laut dengan ikan laut sebagai lauknya.

Dipantai serangan ini sobat juga dapat menemukan berbagai macam olahan rumput laut dengan berbagai campuran rempah-rempah yang sangat lezat dan bikin ketagihan.

Krupuk Klejat

Jika sobat suka ngemil, makanan khas Bali yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan cemilan sobat, yaps krupuk klejat namanya.

Krupuk klejat dari Denpasar ini siap mengisi perut sobat yang sudah meronta-meronta untuk cemilan.

Cemilan krupuk klejat ini terbuat dari siput atau kerang laut. Mengapa disebut dengan krupuk klejat? Itu karena orang Denpasar memaknai klejat sebagai kerang laut.

Jika sobat berminat untuk cemilan yang renyah ini, sobat bisa menemukannya di daerah Serangan.

Ikan Bakar Bandega

Jika sobat mencari warung makan yang menyediakan masakan ikan bakar bandega, sobat bisa datang di Jl. Cok Agung Tresna No. 37, Renon.

Disini, masakan yang ditawarkan adalah hidangan laut dengan beraneka macam sambal, seperti sambal goreng, mentah, dan juga sambal tomat.

Selain ikan bakar, disini sobat juga dapat menemukan olahan lainnya seperti ayam dan juga Chinese food (makanan khas China).

Be Pasih Mesambel Matah

Menurut bahasa orang Bali, be pasih mesambel matah merupakan olahan ikan laut dengan sambal mentah.

Cara pengolahannya ialah ikan laut yang masih segar dengan balutan bumbu-bumbu dipanggang diatas api yang tidak begitu besar.

Agar rasaya semakin terasa nikmat, maka dapat membakarnya menggunakan arang dari batok.

Setelah dibakar hingga matang, kemudian ikan disajikan dengan sepiring sambal merah hingga menghasilkan rasa yang sempurna.

Babi Guling

Babi guling merupakan makanan khas Bali non halal yang banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung di Bali.

Sesuai dengan namanya, babi guling berbahan dasar daging babi utuh yang pada bagian perutnya diisi dengan berbagai macam bumbu dasar, seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, cabai dan juga berbagai rempah-rempah yang menambah cita rasanya.

Masakan babi guling khas Bali memiliki cita rasa yang khas karena dagingnya yang empuk dan pada bagian kulitnya terasa garing.

Tapi makanan khas Bali yang satu ini khusus untuk non muslim ya sobat, sedangkan orang-orang seperti kita, jangan coba-coba nyicip makanan ini ya, hehe.

Bebek Betutu

Selain ayam betutu, ada juga masakan khas Bali yang bernama bebek betutu. Jika ayam betutu terbuat dari bahan dasar daging ayam, tentu saja bebek betutu terbuat dari bahan dasar daging bebek.

Bebek betutu menjadi salah satu makanan khas Bali yang banyak disukai oleh para wisatawan.

Bumbu yang digunakan untuk memasak bebek betutu diantaranya adalah bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe dan juga berbagai bumbu lain.

Bebek betutu memiliki cita rasa yang empuk dengan rasa rempah-rempahnya yang kuat.

Dan tahukah sobat, bahwasanya lama proses memasak bebek betutu ini membutuhkan waktu hingga 7 jam. Hal inilah yang membuat daging bebek menjadi empuk dan bumbunya meresap dengan sempurna.

Komoh

Komoh, merupakan salah satu makanan khas pulau Dewata yang sudah ada sejak lama. Biasanya masakan ini disajikan ketika upacara adat.

Komoh merupakan akanan khas yang berupa daging mentah dan disajikan dengan dicincang. Kemudian dibumbui dengan berbagai macam bumbu khusus, seperti cabai merah, bawang putih, bawang merah dan juga juga garam.

Biasanya komoh disajikan dengan makanan khas Bali lainnya, misalnya seperti lawar dan juga muluk goreng.


Nah itulah beberapa daftar masakan khas Bali yang bisa sobat coba. Bagi sobat muslim jangan lupa cari kuliner yang halal ya hehe, jangan sampe makan babi guling loh ya.

Referensi :

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *