Arti dan Macam Macam Warna Orange Terlengkap

Macam-Macam Warna Orange – Warna orange atau juga disebut dengan warna jingga, adalah jenis warna yang dihasilkan dari perpaduan antara warna merah dengan warna kuning.

Warna ini memiliki warna yang mirip dengan warna pada buah jeruk (orange). Orange merupakan warna sekunder yang dihasilkan dari perpaduan warna primer merah yang dicampur dengan kuning.

Dalam bilangan hexadesimal atau dalam kode HTML, warna ini memiliki kode warna #FF7F00 jika dalam RGB 255, 127, 0.

Arti Warna Orange

Seperti yang disebutkan sebelumnya diatas, warna orange adalah warna yang dihasilkan dari kombinasi merah dengan kuning. Orange adalah warna hangat dan ramah sehingga membuat orang merasakan nyaman.

Orange berhubungan dengan cakra sakral yang diyakini bermanfaat bagi ginjal, saluran kemih dan juga organ reproduksi. Orange juga dapat meningkatkan metabolisme, memperkuat paru-paru, limpa dan juga pankreas.

Warna orange adalah jenis warna yang juga sering digunakan pada design website sebagai warna untuk tombol Call to Action selain warna merah dan biru.

Arti Warna Orange Dalam Psikologi Warna

Didalam ilmu psikologi warna, warna merupakan elemen yang paling dominan serta menjadi suatu aspek yang paling relatif dalam ilmu desain ataupun dalam kehidupan manusia.

Jika diartikan dari ilmu psikologi dan emosi pada manusia, warna memiliki makna dan arti yang bermacam-macam, serta mewakili perasaan yang sedang dialami atau yang dirasakan oleh seseorang.

Dalam pandangan ilmu psikologi, warna orange dapat menunjukkan arti yang dapat menciptakan beberapa efek fisik seperti berikut ini:

  • Meningkatkan nafsu makan
  • Meningkatkan aktivitas
  • Meningkatkan sosialisasi
  • Meningkatkan aspirasi
  • Meningkatkan kepuasan
  • Dll.

Selain itu, warna orange juga mengandung makna sebagai berikut :

  • Antusiasme, yakni mampu menumbuhkan rasa optimis pada seseorang.
  • Peremajaan, yakni dapat membantu mengembalikan keseimbangan energi pada fisik seseorang.
  • Stimulasi, yakni dapat menambah nafsu atau merangsang untuk membangkitkan selera.
  • Keberanian, yakni dapat memberikan kesan untuk mengambil sebuah tindakan dan membuat perubahan yang sesuai, sehingga membuat seseorang dapat bergerak maju dan terus naik.

Arti Warna Orange di Berbagai Belahan di Dunia

Warna orange dibeberapa negara barat digunakan untuk melambangkan rasa penasaran, ingin mencoba hal baru, kreativitas hingga statement seseorang. Sehingga warna ini kerapkali ditemukan dalam outfit orang-orang barat.

Sedangkan di Belanda, warna orange digunakan untuk merepresentasikan keluarga kerajaan. Sehingga menjadikan orange sebagai lambang dari kekayaan dan kemakmuran. Berbeda dengan Mesir yang melambangkan warna ini sebagai warna duka.

Dinegara Jepang dan China, warna orange atau jingga ini dianggap sebagai warna yang melambangkan keberanian, kebahagiaan, cinta dan kesehatan. Sedangkan di Ukraina, warna orange dianggap sebagai simbol kekuatan dan juga keberanian.

Nickelodeon

Warna orange dapat memberikan emosi kesenangan, kegembiraan dan juga kesan energik. Biasanya jenis warna ini banyak digunakan pada logo perusahaan yang bergerak dalam bidang hiburan.

Salah satu contohnya adalah perusahaan bernama Nickelodeon yang membidik pasar anak-anak. Perusahaan ini menggali potensi yang terdapat pada warna orange untuk mempengaruhi emosi kegembiraan pada anak-anak.

Oleh karena itulah Nickelodeon menggunakan warna orange sebagai warna logo mereka, sehingga dapat dengan mudah untuk menarik perhatian anak-anak.

Selain Nickelodeon, adapun beberapa perusahaan lain yang menggunakan warna ini pada logonya, diantaranya ialah :

  • Hooters
  • Nickelodeon
  • Payless
  • Harley Davidson
  • Souncloud

Mengapa menggunakan warna orange pada logo desain? berikut adalah aturan penggunakan warna orange dalam logo desain :

  1. Warna orange dapat dengan mudah menarik perhatian seseorang. Dia mempunyai sifat terang, menyolok dan juga energik. Sehingga warna ini dapat dimanfaatkan untuk membidik pasar anak-anak.
  2. Warna orange cocok banget jika digunakan pada perusahaan yang bergerak pada bidang hiburan. Karena warna ini mampu memberikan kesan gembira dan kesenangan dibandingkan dengan warna lainnya.
  3. Warna orange muda biasanya digunakan untuk menjangkau minat anak-anak, sedangkan orange tua biasanya lebih cocok digunakan untuk menarik perhatian orang dewasa. Seperti pada logo Harley Davidson yang menggunakan warna orange tua.

Macam Macam Warna Orange

Perpaduan antara warna orange dengan merah dengan aturan yang berbeda tentunya akan menghasilkan beberapa jenis warna orange yang berbeda pula.

Untuk lebih jelasnya, sobat bisa melihat beberapa macam macam warna orange dibawah ini.

Macam Macam Kode Warna Orange

Warna Kode HTML
Salmon Terang FFA07A
Koral FF7F50
Tomat FF6347
Merah Orange FF4500
Jingga Tua FF8C00
Jingga FFA500

Macam Macam Warna Orange Lainnya

Selain ke-enam macam macam warna orange diatas, adapun beberapa jenis warna orange lainnya yang disebutkan dalam bahasa Inggris berikut ini:

  1. Warna orange cerah
  2. Warna orange tua
  3. Warna orange muda
  4. Warna orange stabilo
  5. Apricot orange
  6. Candlelight orange
  7. Sunrise orange
  8. Amber orange
  9. Macaroni and cheese orange
  10. Pumpkin orange
  11. Sherbert orange
  12. Goldfish orange
  13. Monarch orange
  14. Ginger orange
  15. Soap orange
  16. Strafish orange
  17. Salamander orange
  18. Creamsicle orange
  19. Papaya orange
  20. Melon orange

Karakter Pecinta Warna Orange

Adapun beberapa karakter yang dimiliki seseorang yang dapat kita lihat dari warna yang dia sukai, salah satunya adalah pecinta warna jingga atau orange ini.

Karakter yang dimiliki orang tersebut biasanya ada yang negatif namun juga banyak positifnya.

Karakter Positif

Karakter positif dari orang yang menyukai warna orange, adalah sebagai berikut :

  • Cerdas
  • Apa adanya
  • Memiliki banyak cara
  • Aktif dan juga energik
  • Tegas
  • Optimis
  • Ramah dan baik hati
  • Gampang bersosialisasi
  • Suka memberikan motivasi
  • Berani
  • dan juga penyabar

Karakter Negatif

Selain beberapa kelebihan yang dimiliki oleh orang-orang penyuka orange, namun dilain hal juga terdapat beberapa hal buruknya. Adapun karakter negatif yang ada ialah :

  • Gampang merasa stress
  • Gampang tertekan
  • Kurang berpendirian dan tidak konsisten dalam menentukan sebuah pilihan
  • Mudah galau
  • Sifat yang sulit diprediksi atau sulit dipahami
  • dll

Meskipun demikian, tentu kita tidak boleh langsung berprasangka buruk terhadap sikap negatif yang dimiliki oleh orang-orang yang menyukai warna orange.

Dan kita juga harus bijak dalam menilai seseorang, yakni bukan hanya dari membaca karakter mereka dari warna yang disukainya saja. Namun ada banyak hal lainnya yang juga harus diperhatikan.

Perpaduan Macam Macam Warna Orange

Perpaduan atau kombinasi warna orange kerap kali digunakan pada banyak hal, misalnya pada fashioan wanita, seperti perpaduan warna orange baju, hijab, gamis, cadar ataupun yang lainnya.

Bahkan bukan hanya itu saja, biasanya orange juga banyak dikombinasi dengan cat-cat perumahan, gedung, kendaraan transportasi seperti mobil pribadi, motor, dan angkutan umum seperti bus.

Nah dibawah ini, saya akan memberikan beberapa contoh kombinasi warna orange yang banyak digunakan dan dimanfaatkan pada fashion wanita ataupun cat rumah yang saat ini lagi ngetrend.

Perpaduan Warna Orange dan Hijau

Perpaduan Warna Orange dan Hijau

Kesan warna hijau dan orange yang dipadukan pada cat rumah dalam ruangan yang ada digambar tersebut memberikan aura segar dan alami dari warna hijaunya.

Sedangkan orange memberikan kesan hangat pada ruangan yang perpaduan keduanya menjadikannya lebih hidup dan menciptakan suasana yang hangat.

Perpaduan Warna Orange dan Hitam

Perpaduan Warna Orange dan Hitam

Paduan orange dengan warna hitam pada fashion wanita akan terlihat kontras dan mencolok. Kombinasi warna ini sangat cocok digunakan pada fashion wanita yang suka warna mencolok dan cocok sekali untuk para remaja-remaja saat ini.

Perpaduan Warna Orange dan Merah

Perpaduan Warna Orange dan Merah

Kombinasi antara orange dengan warna merah juga sangat cocok di terapkan pada motor. Seperti pada gambar motor sport diatas, terlihat garang dengan warna merahnya, dan semakin keren dengan paduan dengan orange pada bagian-bagiannya.

Perpaduan Warna Orange dan Ungu

Perpaduan Warna Orange dan Ungu

Warna ungu yang merupakan salah satu warna yang dahulu digunakan oleh keluarga kerajaan juga cocok dipadukan dengan orange.

Salah satu contohnya seperti pada fashion wanita pada gambar diatas, paduan antara orange dengan ungu sangat cocok. Mungkin sobat ada yang ingin mencoba paduan warna ini untuk pakaian sobat :D.

Perpaduan Warna Orange dan Coklat

Perpaduan Warna Orange dan Coklat

Warna cokelat yang membumi sangat cocok banget dipadukan dengan orange yang memberikan kesan hangat.

Dengan begitu perpaduan keduanya, menjadikan aura alami yang hangat dan nyaman sebagai tempat untuk bersantai.

Perpaduan Warna Orange dan Pink

Perpaduan Warna Orange dan Pink

Kombinasi orange pada cat tembok juga cocok sekali dipadukan dengan warna pink. Sehingga keduanya menjadi selaras antara orange yang cerah dan hangat dengan warna pink yang berkesan lembut.

Perpaduan Warna Orange dan Biru

Perpaduan Warna Orange dan Biru

Warna biru pada sepatu juga akan terlihat sangat menarik dan keren jika dikombinasi dengan warna orange.

Perpaduan keduanya sangat menyolok, sehingga dapat membuat seseorang terfokus untuk memeperhatikan orang yang menggunakan sepatu dengan paduan kedua warna tersebut.

Perpaduan Warna Orange dan Putih

Perpaduan Warna Orange dan Putih

Warna putih yang dianggap warna suci yang dipadukan dengan warna orange yang cerah, akan menjadikan orang yang menggunakan fashion kombinasi warna putih dengan orange akan nampak bersinar :D.

Bersinar disini dalam artian menjadi pusat perhatian karena paduan kedua warna tersebut terlihat kontras dan elegan.

Perpaduan Warna Orange dan Silver

Perpaduan Warna Orange dan Silver

Kombinasi orange dengan silver yang terdapat pada gambar mobil diatas terlihat cukup sederhana untuk jenis mobil sport. Namun tentu saja tetap keren dengan tambahan kombinasi warna hitamnya.

Perpaduan Warna Orange dan Abu Abu

Perpaduan Warna Orange dan Abu abu

Nah kombinasi warna orange yang terakhir adalah dengan warna abu-abu. Warna abu-abu yang memiliki kesan lembut dan santay menjadi sedikit bergairah dengan dikombinasi orange.

Warna orange yang cerah dan berkesan semangat, menjadikan kedua warna ini saling melengkapi, dan perpaduan dari kedua warna ini menurut saya sangat cocok banget.

Jadi, buat sobat yang suka dengan fashion, mungkin bisa mencoba kombinasi kedua warna ini pada fashion yang akan sobat pakai :D.


Penutup

Selain warna orange, masih ada banyak lagi macam macam warna yang dapat kita jumpai disekitar kita, misalnya seperti warna hijau, ungu atau jenis warna yang lainnya.

Dari saya mungkin itu saja yang dapat saya bagikan. Terima kasih semoga bermanfaat :D.

Leave a Comment