Macam Macam Warna Merah Lengkap Dengan Arti dan Kode HTML

Macam Macam Warna Merah – Warna merah merupakan jenis warna yang berada di frekuensi cahaya yang paling rendah yang dapat dilihat oleh mata manusia.

Cahaya merah memiliki panjang gelombang sekitar 630 hingga 760 nm. Warna merah juga termasuk dalam kategori warna primer additif.

Cahaya berwarna merah ini merupakan jenis cahaya yang pertama kali diserap oleh air laut. Sehingga banyak sekali ikan yang ada di lautan yang terlihat berwarna merah cerah berubah menjadi warna hitam ketika berada dihabitat asli mereka.

Didalam dunia fotografi hitam putih, filter warna merah dimanfaatkan untuk meningkatkan kontras pada sebagian besar hasil gambar. Contohnya, gabungan polarizer akan menjadikan warna langit menjadi hitam.

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita tidak asing lagi dengan warna merah. Pada umumnya warna merah sangat mudah dijumpai pada kemasan makanan ringan yang memiliki cita rasa pedas.

Hal tersebut adalah hal yang wajar, karena biasanya rasa pedas selalu identik dengan sesuatu yang panas, dan panas selalu digambarkan dengan warna merah.

Arti Warna Merah

Arti Warna Merah
source : pixabay

Warna merah merupakan jenis warna yang memiliki aura yang kuat, bergairah, memberikan energi untuk mengerjakan suatu tindakan.

Didalam dunia psikologi, warna merah menggambarkan simbol keberanian, kekuatan dan juga energi, serta memberikan gairah untuk melakukan suatu tindakan atau aksi, selain itu warna merah juga melambangkan suatu kegembiraan.

Warna merah sendiri adalah warna yang paling mendalam pada setiap warna yang ada, serta termasuk pada golongan warna hangat. Makna dari warna merah juga menggambarkan reaksi terkuat dari dalam diri seseorang.

Corak Warna Merah

Corak Warna Merah
source : pixabay

Corak dari warna merah sangat bervariasi, mulai dari warna kekuning-kuningan yang mendekati warna jingga, hingga kebiru-biruan yang mendekati warna ungu.

Warna merah juga dapat berwarna semakin pucat yang sering kita sebut dengan merah mudah (pink), atau semakin pekat (merah tua).

Macam Macam Warna Merah Dengan Kode HTML

Adapun jenis-jenis warna merah berdasarkan kode HTML yang biasa digunakan pada dunia desain web, terbagi menjadi beberapa macam.

Berikut diantaranya :

Warna Kode HTML
Merah Indian CD5C5C
Koral Terang F08080
Salmon FA8072
Salmon Gelap E9967A
Salmon Terang FFA07A
Krimson DC143C
Merah FF0000
Merah Bata B22222
Merah Tua 8B0000
Merah Muda FFC0CB
Merah Muda Terang FFB6C1
Merah Muda Panas FF69B4
Merah Muda Dalam FF1493
Medium Violet Red C71585
Pale Violet Red DB7093

Selain beberapa macam warna merah dengan kode HTML diatas, adapun jenis-jenis warna merah lainnya, berikut diantaranya.

Macam Macam Warna Merah

Berikut adalah macam macam warna merah yang memiliki nama-nama khusus pada setiap corak di sejumlah tempat.

01. Merah (Komputer)

Merah Komputer

Warna merah (komputer) adalah jenis warna merah yang menjadi standar warna bagi komputer (RGB). Warna merah dalam Bahasa Inggris disebut dengan Red. Dalam bilangan heksadesimal warna merah ditulis dengan kode warna #FF0000.

02. Merah Muda (Pink)

Warna Merah Muda

Dalam Bahasa Inggris warna merah muda disebut dengan warna pink. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, selain disebut merah muda, warna ini juga disebut dengan warna merah jambu. Dalam bilangan hexadesimal warna merah muda memiliki kode warna #FFC0CB.

03. Merah Muda Salmon

Merah Muda Salmon

Merah muda salmon adalah warna merah yang terlihat pucat dan hampir senada dengan warna merah mudah. Dalam Bahasa Inggris warna ini juga disebut dengan salmon pink atau salmon (Crayola) yang merupakan merk terkenal.

Jenis warna ini pertama kali dikenalkan oleh Crayola pada tahun 1949. Pada bilangan hexadesimal warna ini memiliki kode warna #FF91A4.

04. Merah Muda Karang Laut

Merah Muda Karang Laut

Warna merah muda karang laut memiliki corak warna yang condong pada arah warna merah muda jingga. Dalam Bahasa Inggris warna merah muda karang laut disebut dengan coral pink. Sedangkan dalam bilangan hexadesimal warna ini memiliki kode warna #F88379.

05. Merah Salmon

Warna Merah Salmon

Warna merah salmon adalah jenis warna merah yang biasa digunakan sebagai warna standar pada komputer ataupun situs internet. Dalam Bahasa Inggris, warna ini disebut dengan salmon. Sedangkan dalam bilangan hexadesimal warna ini memiliki kode warna #FA8072.

06. Merah Pigmen

Merah Pigmen

Merah pigmen (CMYK) adalah jenis warna merah yang dihasilkan dari perpaduan warna tinta ketika proses percetakan dengan menggunakan warna magenta dan kuning yang memiliki perbandingan yang sama.

Dalam bilangan hexadesimal, warna ini memiliki kode warna #ED1C24.

07. Merah Karat

Warna Merah Karat

Merah karat (Rusty Red) dalam Bahasa Inggris adalah warna yang diformulasi oleh sebuah perusahaan produksi crayon. Dalam bilangan hexadesimal warna ini memiliki kode warna #DA2C43.

08. Merah Mobil (pemadam kebakaran)

Merah Mobil Pemadam Kebakaran

Disebut juga dengan fire engine red dalam Bahasa Inggris. Disebut demikian, karena warna ini memiliki corak warna merah tajam dan terang, biasanya digunakan untuk kendaraan gawat darurat karena memiliki warna yang mencolok. Dalam bilangan hexadesimal, warna ini memiliki kode warna #CE2029.

09. Merah Kirmizi

Warna Merah Kirmizi

Merah kirmizi adalah jenis warna merah menyala yang memiliki corak warna kearah jingga. Dalam “roda warna tradisional” atau disebut pula traditional color wheel warna ini adalah jarak seperempat antara warna merah ke jingga.

Dalam Bahasa Inggris, warna ini juga disebut dengan Scarlet dan memiliki nama lain yang disebut merah kesumba. Dalam bilangan hexadesimal, warna ini memiliki kode warna #FF2400.

10. Merah Kardinal

Merah Kardinal

Warna merah kardinal atau Cardinal dalam Bahasa Inggris, adalah jenis warna merah menyolok yang diambil dari warna jubah liturgi yang digunakan oleh para kardinal.

Warna ini sebenarnya lebih cocok disebut dengan warna merah kirmizi. Dalam bilangan hexadesimal, warna ini memiliki kode warna #C41E3A.

11. Merah Rubi

Merah Rubi

Warna merah ruby dalam Bahasa Inggris disebut dengan Ruby, adalah jenis warna yang melambangkan warna batu permata (rubi) yang sudah digosok sampai halus. Pada bilangan hexadesimal warna ini memiliki kode warna #E0115F.

12. Merah Lembayung

Warna Merah Lembayung

Warna merah lembayung dalam Bahasa Inggris disebut dengan crimson. Merah lembayung adalah jenis warna merah kuat, terang, dan dalam. Jika dikombinasikan dengan sedikit biru akan menghasilkan sederajat kecil warna ungu. Dalam bilangan hexadesimal, warna ini memiliki kode warna #DC143C.

13. Merah Imperial

Merah Imperial

Corak pada warna merah imperial ini biasanya digunakan pada Imperial Standard Raja Napoleon I.

Dalam Bahasa Inggris disebut dengan imperial red. Penggunaan nama ini dalam Bahasa Inggris tercatat pertama kali pada tahun 1914. Dalam bilangan hexadesimal, warna ini memiliki kode warna #ED2939.

14. Merah Spanyol

Warna Merah Spanyol

Dalam bahasa Inggris disebut dengan Spanish red, warna ini juga disebut dengaan Rojo dalam bahasa Spanyol untuk warna merah. Dalam bilangan hexadesimal, warna ini memiliki kode warna #E60026.

15. Merah Tua

Merah Tua

Dalam Bahasa Inggris merah tua disebut dengan dark red. Warna ini juga menjadi salah satu warna merah standar dalam komputer dan juga internet. Dalam bilangan hexadesimal merah tua memiliki kode warna #8B0000.

Penggunaan Warna Merah

Penggunaan Warna Merah

Adapun penggunaan warna merah yang banyak dimanfaatkan pada beberapa hal berikut ini :

  • Warna merah digunakan untuk menunjukkan suatu daerah yang memiliki cuaca yang lebih hangan pada sebuah peta.
  • Warna merah memiliki daya tarik perhatian seseorang, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai petunjuk bahaya atau keadaan darurat.
  • Warna merah pada lalu lintas digunakan sebagai tanda untuk berhenti (lampu merah).
  • Warna merah digunakan pada pintu pesawat darurat.
  • Warna merah adalah warna untuk cinta lahir dan juga batin, selain itu warna merah juga menunjukkan suatu kemarahan, misalnya muka yang memerah. Akan tetapi warna merah juga dapat diartikan sebagai rasa malu, baik karna digoda ataupun dipermalukan.

Dan masih ada banyak lagi penggunaan warna merah dalam kehidupan sehari-hari kita, yang mungkin belum kita ketahui maksudnya.

Fakta Menarik Tentang Warna Merah

Fakta Menarik Warna Merah

Ada beberapa fakta yang dapat kita ketahui dari diri seseorang dengan melihat warna apa yang dia sukai. Contohnya orang yang menyukai warna merah, biasanya adalah tipe orang yang memiliki karakter yang kuat.

Adapun beberapa fakta menarik dari kepribadian orang-orang yang menyukai warna merah, berikut diantaranya :

  • Seseorang yang menyukai warna merah biasanya memiliki semangat yang besar. Orang tersebut akan terus berusaha mencapai apa yang diinginkannya hingga dapat dicapai olehnya.
  • Seseorang yang menyukai warna merah biasanya adalah tipe orang yang selalu ceria dan menyenangkan, memiliki aura positif sehingga membuat orang-orang yang ada di sekelilingnya menjadi ikut merasakah keceriannya.
  • Seseorang yang menyukai warna merah biasanya adalah tipe orang yang suka menjadi pusat perhatian. Sehingga tidak heran jika penyuka warna merah selalu melakukan banyak hal untuk menjadi pusat perhatian.
  • Seseorang yang menyukai warna merah, biasanya adalah tipe orang yang memiliki ambisi yang kuat dalam meraih impiannya.
  • Seseorang yang menyukai warna merah, biasanya adalah tipe orang yang berkepribadian ekstrovert dan selalu tampil apa adanya.

Selain ke-5 hal tersebut, ber macam macam warna merah juga dapat menggambarkan beberapa karakter seseorang lainnya.

Untuk mengetahuinya lebih jelas, sobat bisa mencari beberapa info lainnya mengenai macam-macam warna merah beserta sifat orang yang menyukainya.

Selain itu sobat juga dapat mengetahui berbagai jenis warna pada tulisan sebelumnya tentang macam macam warna.

Penutup

Akhir kata, itu saja dari saya yang dapat saya bagikan seputar macam-macam warna merah, semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih saya ucapkan 😀

Referensi :

  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/3539770/suka-warna-merah-ini-10-fakta-menarik-tentang-kepribadianmu
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Merah

Leave a Comment