Macam Macam Aplikasi Komputer

Macam Macam Aplikasi Komputer – Komputer ataupun laptop adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terlebih dijaman yang semakin modern seperti saat ini.

Pada umumnya komputer biasa digunakan oleh para pekerja kantoran untuk membantu mempermudah segala pekerjaannya.

Dalam melakukan pekerjaan tersebut, para pekerja kantor harus memiliki macam macam aplikasi komputer yang berfungsi untuk membantu menyelesaikan apa yang sedang dikerjakannya.

Nah dibawah ini adalah beberapa list macam macam aplikasi komputer yang mungkin akan bermanfaat bagi sobat. Namun sebelum itu, ketahui dulu apasih yang dimaksud dengan aplikasi komputer?

Pengertian Aplikasi Komputer

Perangkat lunak aplikasi ialah sebuah program yang biasa digunakan oleh pengguna dalam membantu melakukan berbagai macam aktivitas, misalnya membuat dokumen, editing foto, membuat laporan keuangan dan lain-lainnya.

Adapun macam macam aplikasi komputer yang biasa digunakan adalah sebagai berikut:

Macam Macam Aplikasi Komputer


Aplikasi Pengolah Kata

Macam Macam Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi pengolah kata adalah aplikasi komputer yang biasa digunakan untuk keperluan tulis menulis. Baik untuk menulis dokumen, menulis cerita, menulis puisi ataupun menulis catatan pribadi.

Jenis aplikasi pengolah kata yang saat ini banyak digunakan adalah Microsoft Word. Hanya saja untuk dapat menggunakannya sobat harus membeli lisensinya yang cukup mahal.

Walaupun bisa diakali (di crack) tentunya akan terasa kurang berkah dalam penggunaannya. Nah sebagai pilihannya, biasanya saya biasa menggunakan alternatif lain selain Microsoft Word, yakni WPS.

WPS memiliki fitur yang sudah sangat bagus, bahkan sudah hampir sama dengan Microsoft Word.

WPS sendiri sudah begitu lengkap fiturnya, mulai dari Word, Power Poin hingga Excel, dan bisa sobat gunakan secara cuma-cuma alias gratis.

Tertarik menggunakannya? sobat bisa mendapatkannya dengan mendownloadnya pada link dibawah ini.

Download WPS

Adobe Photoshop

Aplikasi Photoshop

Adobe Photoshop adalah jenis aplikasi komputer ataupun laptop yang banyak digunakan oleh para design grafis. Aplikasi ini berfungsi untuk manipulasi gambar ataupun foto.

Adobe sendiri memiliki beberapa aplikasi grafis lain, seperti Adobe Ilustrator, Indesign dan juga aplikasi lainnya seperti Adobe Audition, Adobe Primer dll.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan juga berbayar. Jika untuk kebutuhan belajar, maka sobat sudah cukup menggunakan yang versi gratis saja.

Namun jika untuk kebutuhan pekerjaan, saya sarankan untuk menggunakan yang berlisensi.

CorelDRAW

Aplikasi CorelDRAW

Seperti halnya Photoshop, CorelDRAW adalah jenis aplikasi pengolah gambar vector. Bedanya dengan photoshop ialah, CorelDRAW biasa dimanfaatkan untuk membuat logo dengan bentuk Vector.

Sedangkan Photoshop biasa digunakan sebagai aplikasi desain manipulasi dan berbasis bitmap.

Kedua aplikasi ini (Adobe Photoshop dan CorelDRAW) adalah dua aplikasi wajib bagi seorang desainer.

Windows Media Player

Windows Media Player

Windows Media Player merupakan aplikasi yang wajib ada dilaptop sobat. Karena tanpa adanya aplikasi ini, maka sobat tidak akan dapat menyaksikan film ataupun video di laptop sobat.

Aplikasi ini adalah bawaan Windows, jadi sobat juga bisa menggunakan aplikasi lainnya selain Windows Media Player, misalnya menggunakan GOM Player ataupun yang lainnya.

Aplikasi Pemutar Audio

Macam Macam Aplikasi Pemutar Audio

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk memutar audio/MP3. Di Windows kita juga bisa memutar audio menggunakan Windows Media Player.

Akan tetapi biasanya saya lebih suka menggunakan aplikasi AIMP sebagai aplikasi untuk mendengarkan audio musik.

Jika sobat penasaran dengan apa itu AIMP, sobat bisa mendownloadnya pada link dibawah ini.

Download AIMP

Aplikasi Anti Virus

SMADAV Anti Virus

Aplikasi anti virus sangat penting untuk sobat miliki. Terutama bagi sobat yang masih menggunakan Windows 7 kebawah.

Namun jika sobat pengguna Windows 8 atau 10, sobat tidak perlu menggunakan aplikasi ini, karena sudah otomatis terdapat anti virus didalam Windows 8 ataupun 10.

Jenis aplikasi anti virus yang sudah ada pada Windows 8 dan 10 tersebut bernama Windows Defender.

Nah akan tetapi sobat juga bisa menggunakan aplikasi anti virus yang lain, misalnya menggunakan SMADAV, yang merupakan karya anak bangsa :D.

Baca Juga : Cara Install SMADAV di Laptop

Aplikasi WebCam

Aplikasi WebCam

Salah satu aplikasi yang juga nggak kalah penting adalah webcam. Aplikasi ini tentu akan sangat berguna bagi sobat yang suka selfie :D.

Sebenernya sobat nggak perlu menginstal aplikasi ini di laptop, karena biasanya sudah ada web yang menyediakan fitur webcam didalamnya.

Namun saya tidak menyarankan fitur webcam online, karena sangat rentan terhadap keamanan privasinya.

Bayangkan jika sobat sedang mainan webcam, kemudian di lain jaringan ada yang sedang diam-diam mengintip sobat.. Hiiih serem kan :D.

Aplikasi Browser

Macam Macam Aplikasi Browser

Di era serba online seperti sekarang ini, browser menjadi salah satu aplikasi yang wajib banget ada dilaptop.

Dengan adanya browser kita bisa mencari informasi, bekerja online, berjualan online dan melakukan apa saja yang berbau online.

Macam macam browser sendiri ada banyak sekali, adapun jenisnya adalah sebagai berikut :

  • Mozilla Firefox
  • Google Chrome
  • Opera Mini
  • UC Browser
  • Tor Browser
  • Dan lainnya.

Aplikasi Email

Macam Macam Aplikasi Email

Dan aplikasi yang juga nggak kalah penting adalah aplikasi email. Biasanya aplikasi ini sudah otomatis ada pada sistem operasi Windows.

Hanya saja, jenis email yang disediakan adalah email dari Microsoft itu sendiri, contohnya seperti email saya [email protected]

Adapun jenis email lainnya seerti Gmail.com, Yahoo.com dan yang lainnya bisa sobat buka melalui aplikasi browser.

Akhir Kata

Nah itulah macam-macam aplikasi komputer yang umum digunakan, baik untuk komputer kantor maupun laptop pribadi.

Oh iya selain ke 9 daftar macam macam aplikasi komputer yang telah disebutkan diatas, sobat juga bisa menambah ataupun menguranginya, nggak harus sama persis seperti diatas.

Tentunya semua tergantung kebutuhan masing-masing ya 😀

Leave a Comment