Jual Jamur Tiram di Jember – Menurut Wikipedia jamur tiram merupakan jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan terasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran, sehingga mirip cangkang tiram dengan bagian tengahnya agak cekung.

Jamur tiram ini masih satu kerabat dengan Pleurotus Eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

Kandungan Gizi Jamur Tiram

Kandungan Gizi Jamur Tiram di Jember

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram memiliki beberapa kandungan, diantaranya adalah.

  • Mengandung protein
  • Mengandung air
  • Mengandung kalori
  • Mengandung karbohidrat
  • Mengandung serat zat besi
  • Kalsium
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C

Jamur tiram merupakan bahan makanan yang bernutrisi dengan kandungan protein yang cukup tinggi serta kaya vitamin dan juga mineral. Selain itu, jamur tiram juga mengandung rendah karbohidrat, lemak dan juga kalori.

Jamur tiram juga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat dan juga protein. Kandungan protein yang dikandung oleh jamur tiram cukup tinggi, yakni sekitar 10,5 – 30,4 %.

Komposisi dan kandungan nutrisinya pada setiap 100 gr jamur tiram ialah 367 kalori, 10,5 – 30,4 % protein, 56,6 % karbohidrat, 1,7 – 2,2 % lemak, 0.20 mg thiamin, 4,7 – 4.9 mg riboflavin, 77,2 mg niacin dan 312.0 mg kalsium.

Kalori yang dikandung oleh jamur tiram ini ialah 100 kj/100 gr dengan 72% lemak tak jenuh. Perlu kita ketahui pula, bahwa serat jamur ini sangat baik untuk pencernaan. Kandungan seratnya bisa mencapai 7,2 hingga 24,6% sehingga cocok banget buat sobat yang sedang diet.

Menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian, kandungan gizi dari jamur tiram ini mengandung protein rata-rata 3.5 – 4% dari berat basah.

Itu artinya dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering kandungan proteinnya adalah 10,5 – 30,4%. Sedangkan beras hanya 7,3%, gandum 13,2%, kedelai 39,1% dan susu sapi 25,2%.

Selain itu, jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino, yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin dan fenilalanin.

Jamur tiram mengandung asam lemak tidak jenuh yang menjadikannya aman dikonsumsi baik bagi penderita kolesterol (hiperkolesterol) ataupun bagi gangguan metabolisme lainnya.

Jamur tiram mengandung 28% asam lemak jenuh dan juga terdapat semacam polisakarida kitin didalamnya yang diduga menimbulkan rasa yang enak apabila kita menikmatinya..

Jamur tiram juga mengandung vitamin yang penting, terutama adalah vitamin B, C dan juga vitamin D.

Vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (ribloflavin), niasain dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi. Mineral utama tertinggi ialah kalium, fosfor, natrium, kalsium dan juga magnesium.

Karena memiliki begitu banyak kandungan gizi dan juga vitamin dalam jamur tiram, maka jamur tiram ini juga memiliki banyak manfaat. Apa sajakah manfaat jamur tiram yang perlu kita ketahui? Berikut penjelasannya.

Apa Manfaat Mengkonsumsi Jamur Tiram?

Manfaat Mengkonsumsi Jamur Tiram

Jamur tiram, memiliki beragam manfaat, salah satunya ialah sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai antibakteri dan antitumor.

Selain itu, jamur tiram juga dapat menghasilkan enzim hidrolis dan enzim oksidasi. Selain itu didalam jamur tiram juga memiliki kandungan yang mampu membunuh nematoda.

Adapun manfaat kesehatan yang dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi jamur tiram adalah, dapat mengurangi kolesterol dan juga jantung lemah. Jamur tiram juga dipercaya memiliki khasiat obat untuk beragam penyakit, misalnya seperti lever, diabetes dan juga anemia.

Selain bermanfaat sebagai obat untuk penyakit seperti kanker, lever, diabetes dan anemia, jamur tiram ini juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker serta mampu menururnkan kadar kolesterol.

Disamping itu, jamur tiram juga dipercaya dapat membantu sobat untuk menurunkan berat badan sobat, karena memiliki serta yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan.

Jamur tiram juga mengandung senyawa pleuran yang memiliki khasiat sebagai anti tumor, menurunkan kolesterol, juga dapat bertindak sebagai antioksidan.

Adanya polisakarida pada jamur tiram memiliki efek positif yang dapat menjadi antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), sebagai pelawan kolesterol, antibakteri, antijamur dan mampu meningkatkan sistem imun.

Dilihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram, maka jamur ini termasuk jenis jamur yang aman dikonsumsi. Bukan hanya enak rasanya yang crispy saja, namun jamur tiram juga dikenal sebagai suplemen penurun kolesterol didalam tubuh manusia.

Jual Jamur Tiram di Jember

Jual Jamur Tiram Putih dan Crispy di Jember

Nah buat sobat yang ingin mencoba lezatnya jamur tiram, sekarang sobat nggak perlu jauh-jauh pergi ke pasar untuk membeli jamur tiram dan menikmatinya sebagai santapan dirumah. Karena sobat bisa membelinya secara online disini.

Disini, saya menjual jamur tiram putih dengan rasa yang crispy dengan harga yang sangat murah, plus gratis ongkir untuk daerah Bangsalsari – Jember dengan minimal order 5 kg.

Akan tetapi sobat juga bisa membeli jamur tiram disaya hanya 1 kg saja, namun tentu saja ada ongkos kirimnya, tapi Insyaa Allah nggak mahal kok, menyesuaikan lokasinya saja. Jika lokasinya dekat dengan tempat saya, tentu saja free ongkir berlaku tanpa minimum order.

Jamur tiram ini bisa sobat olah menjadi apapun yang menjadi kreasi sobat, misalnya menjadi kripik untuk cemilan dikala musim penghujan atau di krengseng pedes yang menjadikan rasanya semakin nikmat dan lezat.

Nah kalau sobat tertarik mau coba jamur tiram ini, segera lakukan pemesanan ya, takutnya nanti keburu habis duluan. Oleh karenanya, sobat juga bisa memesan jamur tiram ini jauh-jauh hari (pre-order), sehingga ngga kehabisan stock jamurnya.

Untuk melakukan pemesanan jamur tiram di Jember ini, sobat bisa langsung hubungi WhatsApp saya pada nomor berikut 0856-0862-3732 (IM3). Biar lebih mudah sobat bisa langsung klik tombol pesan sekarang dibawah ini.


Nah jangan lupa segera lakukan pemesanan ya sob, karena stok terbatas untuk jamur tiram di Jember ini.

Kalau sobat ingin gratis ongkir, sobat bisa ajak tetangga atau temen sobat untuk membeli juga jamur tiram di Jember ini.

Sekian dari saya, dan terima kasih atas teman-teman yang sudah order jamur tiramnya, semoga puas dengan jamur tiram yang saya jual 😁.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *