Ini Dia Platform Blogger Buat Kamu Yang Suka Ngeblog

0
125

Hay sobat blogger, apa kabar semua. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi beberapa jenis platform yang biasa di gunakan buat ngeblog. Sebagai seorang blogger yang setiap saatnya berkecimpung di dunia Internet, tentunya pasti sobat sudah mengerti platform blog yang saya maksud. Hmm tentu saja sobat sudah mengetahui.

Lalu untuk apa saya tulis jika sobat sudah tau… Yah bagi sobat yang sudah tau tidak perlu lanjut membaca artikel ini hehe… Karena ini mau saya tujukan untuk sobat yang belum paham bahkan belum tau apa itu blogger, tulisan singkat yang mungkin kurang jelas ini saya tujukan buat sobat yang ingin menuliskan cerita, tips ataupun pengalaman sobat di internet supaya dikenal dan diketahui banyak orang.

Jadi setidaknya sobat bisa tau platform apa yang harus di gunakan untuk menulis, bercerita bahkan curhat hehe.

Nah bagi sobat yang hendak menulis dan bingung mau pilih platform blog jenis apa, maka disini saya akan memberikan sedikit referensi untuk sobat.

Platform Untuk Menulis Blog Paling Banyak di Pakai

Bagi saya platform blogger paling kece, keren dan mudah terdiri dari tiga jenis, yaitu:

Platfor Blogger.com

Blogger.com adalah sebuah platform untuk ngeblog milik Google. Selain mudah di gunakan, platform yang satu ini juga gratis digunakan. Bahkan sobat bisa membuatnya ratusan hingga ribuan blog cuma-cuma dengan platform Blogger.com ini. Selain gratis, blogger.com juga menyediakan template gratis, selain template yang memang disediakan gratis oleh Blogger sendiri, tidak srdikit pula penggemar, pengguna bahkan developper template secara suka rela memberikan template buatannya untuk digunakan orang banyak. Selain itu jika kita pandai dalam membuat template sendiri tentunya akan lebih mudah.

Untuk download gratis template blogger, atau membeli versi premiumnya, sobat bisa mengunjungi salah satu blog penyedia template blogger berikut ini

  • www.idntheme.com (Arlina Dzgn)
  • sugeng.id (Mas Sugeng)
  • www.themeindie.com (Bung Frangki)
  • id.xmlthemes.com
  • Dll

Jika sobat menggunakan platform jenis ini, maka sobat tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan artikel sobat, karena kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh Blogger sendiri tidak terbatas.

Karena platform blogger jenis ini gratis, tentunya memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah Alamat URL. Jika sobat menggunakan blogger, maka alamat blog sobat akan kurang indah untuk dilihat, misal sobat ingin memberi nama URL blog sobat dengan judul namablog, maka yang akan tampil di URL adalah “https://namablog.blogspot.co.id.

Namun sobat tidak perlu cemas soal ini, karena blogger juga menyediakan fitur Custome Domain Blogger. Jadi jika sobat memiliki blog di Blogger.com, sobat bisa mencustome url sobat tersebut menjadi lebih indah dengan fitur Custome Domain. Misal sobat hendak memberi nama blog sobat dengan reza.id maka di URL akan tampil seperti ini https://reza.id. Dengan syarat sobat sudah memiliki atau telah membeli domainnya terlebih dahulu. Untuk membeli domain sobat bisa membelinya di Pandi, Rumahweb, Domainesia atau lainnya. Untuk Cara Custome Domain Blogger sobat bisa membaca tutorialnya, InsyaaAllah akan saya beri tutornya ya 😊

Contoh Blog Yang Memanfaatkan Blogger.com Custome Domain

  • www.arlinadzgn.com
  • www.themeindie.com
  • www.idntheme.com
  • lainnya banyak sih, cuman lupa 😁

Platform WordPress.com

WordPress.com merupakan platform blogger gratis seperti halnya Blogger.com. WordPress.com juga bisa membuat beberapa blog yang diberikan secara cuma-cuma. Juga memiliki variasi template gratis pula.

Seperti halnya blogger, jika sobat menggunakan platform wordpress maka alat url sobat dibelakangnya akan ada tambahan “wordpress.com”. Misalnya saya punya blog dengan nama kaka-adek. maka di URL akan nampak seperti ini https://kaka-adek.wordpress.com.

Namun jangan khawatir, perihal ini sobat juga memanfaatkan fitur Custome Domain di wordpress. Hanya saja, sobat harus membeli domain yang sobat inginkan di WordPress itu sendiri. Jadi tidak seperti Blogger yang bisa menggunakan penyedia domain lain, kemudian menghubungkannya di Blogger. Di WordPress sobat harus membeli domain pada penyedia domain wordpress itu sendiri. Namun jika sobat terlanjur membeli domain di tempat lain, maka sobat bisa mentransfer domain tersebut ke WordPress.com. Baru kemudian bisa di custome domain.

Perbedaannya dengan Blogger.com ialah, WordPress.com memiliki template yang katanya sih lebih responsive dan SEO friendly. Namun template yang disediakan juga terbatas, sobat juga tidak memiliki akses untuk oprek templatenya, sehingga sobat hanya bisa menggunakan template yang memang hanya disediakan oleh WordPress, setau saya sih gitu 😅

Platform WordPress.org

WordPress.org adalah platform blog yang gratis pula, hanya saja, jika kita hendakenggunakan wordpress.org maka kita wajib memiliki domain dan hosting sendiri, baru bisa menggunakan platform blog jenis ini. Itu sih yang saya ketahui hehe

Contoh Blog Yang Menggunakan WordPress.org

  • ichsani.com (punya sendiri :v)
  • yansah.com (Mas Yansah)
  • dll

Sebenernya selain ketiganya masuh ada banyak lagi lainnya, tapi itulah yang paling banyak digunakan, menurut versi dan pemahaman saya sih.

Selain itu adapula yang tidak menggunakan platform diatas atau yang sudah ada, maksudnya adalag mereka membuat sistem atau CMS (Conten Management System) sendiri, jadi jenis ini hanya perlu domain dan hosting saja. Golongan ini tidak memerlukan apapun untuk mengembangkan blog atau websitenya.

Biasanya pengguna jenis ini sudah memahami bahasa pemrograman dengan baik, bahasa kerennya sih Full Stack Developper. untuk contohnya sih banyak sekali, biasanya website kampus yang menggunakan jenis ini, atau blog pribadi programmer itu sendiri.

****

Sekian, terima kasih. Semoga ada manfaat yang bisa di petik dari tulisan iseng ini. Jika sobat ada yang mau di tanyakan, silahkan ya nggak usah malu-malu. Insyaa Allah akan saya jawab selama saya bisa dan nggak ada gangguan… 😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here