Ikhtiar & Tawakkal Dua Hal Yang Tak Bisa Dipisahkan

0
61

Ini merupakan sebuah tulisan yang saya buat untuk mengingatkan diri saya dan sobat yang sedang membaca, (kalau ada yang baca sih).

Merupakan Ikhtiar dan Tawakkal, sudah tau apa itu ikhtiar dan tawakkal? Ikhtiar merupakan sebuah usaha yang kita lakukan untuk mencapai sebuah impian (gampangannya begitu) dan tawakkal adalah berserah diri kepada Allah, yakin bahwa sanya setiap rezeki sudah di atur-Nya.

Jadi intinya saat kita berharap sesuatu, misal kita berharap bisa menikah dengan dia, mmm jangan menikah lah, contoh lain saja. Misal kita ingin membangun sebuah rumah tangga, eits salah, maksudnya kita ingin membangun sebuah usaha. Maka hal yang harus kita lakukan adalah mencari solusi, mencari cara dan berusaha sekuat tenaga untuk mengapai hal-hal yang berhubungan dengan usaha kita.

Misal kita ingin usaha bakso, maka yang harus kita lakukan ialah, menyiapkan bahan, mengolah bahan, menjual bakso dan menawarkan kepada para pecinta bakso. Itu merupakan ikhtiar kita saat ingin membuka usaha bakso.

Dan yang paling penting adalah bertawakkal kepada Allah, berserah diri, menyerahkan urusan dunia kita kepada-Nya. Maka In Syaa Allah apa yang kita lakukan akan ada balasan dari-Nya. Dengan catatan usaha yang kita lakukan mempunyai tujuan yang baik, dan di niatkan karena Allah SWT.

Kata Guru-Guru Yang Mengajari Saya Usaha Marketing Online:

“Soal artikel itu gampang mas, yang penting SEO Langitnya (Tahajjud)”

“Setelah semua yang kamu lakukan, jangan lupakan Marketing Langitnya (Tahajjud dll)”

Kurang lebihnya seperti itulah yang saya dapatkan dari mereka, dan kebanyakan guru-guru markting online saya yang menerapkan hal tersebut, mereka itu hidupnya ayem, nggak banyak ngeluh, dan suka senyum hehe.

Mungkin itulah yang membedakan mencari dunia yang diniatkan karena Allah, seberapapun hasil yang didapat, kita akan merasa bersyukur dan bahagia.

Hmm saya jadi berfikir jangan-jangan saya bukanlah tipe orang yang bersyukur, sehingga setiap kali merasakan kejenuhan dan pusing. Entah saya kurang yakin, atau memang saya selalu teledor, dan yang lebih saya takutkan, jangan-jangan saya terlalu banyak melakukan kemaksiatan 🙁

Seperti kata Ustad Adi Hidayat “Dunia itu ibarat bayangan kita, semakin di kejar dia akan menjauh, cara terbaik adalah kita harus berbalik dari mengejar dunia dan niatkan untuk akhirat kita, niscaya dunia itu akan berbalik mengejar kita”

Kurang lebihnya seperti itulah maksudnya… Percayalah Allah sudah mengatur semuanya, dan kita harus berusaha untuk menggapainya dengan cara yang baik supaya berkah 🙂

Terima Kasih

Wassalamu’alaikum…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here