Bagaimana cara mengatasi Rekening BRI yang hilang? atau ketelan ATM? kedua hal tersebut dapat kita atasi dengan mudah yang penting yakin aja dulu.

Beberapa bulan yang lalu rekening BRI saya hilang entah kemana. Tentu saja kehilangan rekening membuat saya bingung dan nggak tau harus ngapain, walaupun sebenarnya nggak ada isinya, wkwk.

Kartu ATM yang hilang ini bisa berbahaya, tapi kalau nggak ada uangnya mungkin ya nggak masalah wkwk. Tapi bagaimanapun juga walau nggak ada isinya harus segera dilaporkan agar segera dapat diatasi, karena kalau jatuh ke tangan yang salah bisa-bisa kartu ATM sobat bisa disalah gunakan.

Apa yang Pertama Kali Harus dilakukan Ketika ATM Hilang?

Langkah pertama yang dapat kita lakukan saat ATM kita hilang adalah dengan memblokirnya, karena jika kartu ATM terblokir, maka siapapun yang mengetahui PIN-nya percuma tidak akan kena buka.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memblokir kartu ATM yang kita miliki. Pertama dengan menghubungi BRI Call Center pada nomor 14017 atau (021)1500017. Nanti Call Center akan mengajukan beberapa pertanyaan.

Yang kedua, sobat bisa melalui aplikasi BRI Mobile atau Internet Banking. Jika melalui Internet Banking kunjungi link https://ib.bri.co.id/. Lalu cari menu Pelayanan Nasabah dan kemudian Enable/Disable kartu.

Namun jika kita tidak memiliki BRI Mobile atau Internet Banking, ya bisa langsung lapor aja ke kantor cabang terdekat untuk melakukan pemblokiran kartu ATM yang hilang.

Lalu Apa Saja Syarat Untuk Mengurus Kartu ATM BRI yang Hilang?

Jika sobat sudah melakukan langkah pertama (memblokir kartu ATM sobat), langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah datang ke kantor cabang. Jangan lupa bawa juga tanda pengenal seperti KTP/SIM/Paspor, buku tabungan, dan juga surat keterangan dari polisi.

Namun jika sobat datang dikantor cabang tempat membuat kartu sobat yang hilang, biasanya tidak perlu menggunakan surat keterangan kehilangan dari Polisi.

Namun jika sobat mengurus kartu ATM yang hilang dikantor cabang yang lain, biasanya harus menyertakan surat kehilangan dari Polisi. Namun jangan takut, cara bikinnya cukup mudah nggak ribet-ribet amat.

Cara Mengurus Kartu ATM BRI yang Hilang di Kantor Cabang Bank

Untuk mengurus kartu ATM yang hilang sebenarnya bisa dilakukan dimanapun. Namun lebih baik di kantor cabang tempat sobat membuat kartu tersebut, karena biasanya lebih mudah syaratnya.

Sampai di bank sobat bisa langsung ambil antrian. Urusan kartu ATM yang terblokir biasanya dilayani oleh bagian customer service bukan teller. Nanti bilang aja masalah yang dialami sobat, nggak akan ribet kok.

Dalam hal ini, biasanya nanti sobat akan dibuatkan kartu ATM baru, namun dengan nomor rekening yang sama. selain itu sobat juga dapat melakukan upgrade atau downgrade tipe kartu ATM sobat.

Proses mengatasi kartu ATM yang hilang cukup cepat, asalkan jumlah antriannya nggak banyak. Apabila nanti kartu ATM yang baru sudah di cetak, maka nanti kartu ATM sobat yang baru sudah dapat dipergunakan sebagaimana fungsinya.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan Untuk Mengurus ATM yang Hilang

Mengurus kartu ATM yang hilang biasanya dikenakan biaya administrasi, tapi nggak sampe mahal kok sob, paling-paling cuman 10.000 saja, atau paling hanya 20.000 saja. Saya sendiri waktu mengatasi kartu ATM yang hilang sudah lupa berapa biaya, kayaknya nggak bayar 😁 .

Bisakah Mengurus ATM yang Hilang Tanpa Surat Keterangan Hilang dari Polisi?

Bisa dong, karena saya dulu saat mengurus ATM saya yang hilang nggak pake surat keterangan hilang dari kepolisian. Karena waktu itu saya mengurusnya di kantor cabang tempat saya membuat.

Yang terpenting bawa KTP atau kartu tanda pengenal lainnya yang dapat digunakan. Dan yang paling penting jangan lupa untuk membawa buku tabungan ATM sobat yang hilang tersebut. Insyaa Allah mudah dan cepat ngurusnya.


Nah begitulah sob cara mengatasi kartu ATM BRI yang hilang, penting untuk segera mengatasi kartu ATM yang hilang ya sobat. Karena jika tidak segera dibenarkan bisa berbahaya dan saldo sobat bisa terkuras habis oleh orang yang menemukan dan tahu PIN-nya.

Mungkin itu saja artikel mengenai cara mengatasi kartu ATM BRI yang hilang, semoga tulisan mbulet ini bisa sedikit membantu sobat 😁😝.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *