Cara Mengaktifkan BPJS dari Pemerintah – Akhir-akhir ini banyak yang mengeluhkan BPJS atau Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang non-aktif, tidak ditanggung maupun karena masalah yang lainnya. Begitu pula dengan saya yang juga menjadi salah satu peserta yang mengeluhkan itu juga, hehe.

Namun apapun yang terjadi pada kartu BPJS atau KIS sobat jangan khawatir dulu, karena menurut kabar yang saya tahu, BPJS memang sedang melakukan pembaruan atau update data, sehingga banyak yang status keanggotaannya menjadi non-aktif atau tidak ditanggung.

Beberapa waktu yang lalu saya juga mengalami hal yang sama, yakni kartu BPJS milik Ibu saya statusnya tidak ditanggung. Sehingga cukup merepotkan ketika setiap kali memeriksakan Ibu saya.

Oleh karenanya saya berusaha untuk memperbaikinya. Sebelumnya saya mencoba mencari tahu cara memperbaiki BPJS yang non-aktif alias tidak ditanggung di Kantor Kecamatan, namun karena cukup lama, jadi saya pulang dan mencari cara yang lebih cepat.

Setelah beberapa kali membaca dan mencari cara memperbaikinya, akhirnya saya menemukan cara memperbaiki BPJS hanya dengan menggunakan WhatsApp. Jadi sobat nggak perlu ke Kantor BPJS untuk melakukan perbaikan BPJS yang sobat miliki hanya dengan WhatsApp saja.

Bagaimanakah caranya?

Melakukan Perbaikan KIS Melalui CHIKA

Siapa sih chika itu? percayalah dia hanyalah robot WhatsApp yang dibuat oleh BPJS Kesehatan, jadi jangan berfikir dia itu wanita cantik ya.

Dengan melalui chika, sobat bisa melakukan cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data dan lain sebagainya.

Untuk mengakses chika ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni melalui Facebook Messanger, Telegram dan juga WhatsApp. Saya sendiri menggunakan WhatsApp dalam kasus ini.

Untuk melakukan perbaikan data BPJS sobat bisa mengirimkan pesan di WhatsApp berikut 08118750400. Nanti jika sobat sudah mengirimkan pesan pada WA tersebut, akan ada balasan untuk langkah selanjutnya yang harus sobat lalui.

Setelah beberapa langkah dilalui nanti sobat akan diberi nomor WhatsApp yang khusus melayani didaerah sobat. Misalnya saya berada didaerah Kabupaten Jember, jadi saya diberi nomor WhatsApp pelayanan BPJS Jember.

Kemudian tuliskan keluhan sobat, atau cukup kirim pesan bebas karena chat tersebut masih dilayani oleh chat bot alias pesan otomatis. Seperti video ini misalnya.

Disana nanti sobat disuruh untuk mengisi data pada Google Form seperti ini https://bit.ly/PandawaJember sesuai daerah sobat tinggal. Nanti isikan saja semua yang diminta dan kirim jika sudah selesai.

Tunggu beberapa menit nanti sobat akan di chat oleh nomor WhatsApp BPJS dari daerah sobat (Kabupaten / Kota) sobat tinggal.

Setelah itu ikuti saja yang disuruh oleh pengirim pesan dari BPJS daerah sobat, jika perlu jelaskan pula masalah lain yang sobat alami.

Apabila sudah selesai, maka sobat bisa lanjut melakukan proses selanjutnya. Seperti yang saya alami, karena data milik Ibu saya berubah maka saya harus pergi langsung ke kantor BPJS terdekat untuk mencetak kembali kartu yang baru dengan membawa surat kehilangan dari kepolisian.

Namun jika masalah yang sobat alami karena kartu BPJS atau KIS sobat non-aktif karena telat membayar, maka sobat hanya perlu membayarnya tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS setempat.

Jika sudah selesai, maka sobat sudah dapat menggunakan kembali kartu KIS atau BPJS kesehatan sobat untuk layanan kesehatan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.


Nah jadi sangat mudah untuk mengurusi masalah-masalah yang terjadi pada KIS atau BPJS yang kita miliki. Oleh karena itu, mulai dari sekarang sobat bisa melakukan perbaikan pada BPJS sobat yang bermasalah hanya dengan menggunakan WhatsApp.

Itu saja ya sobat, terima kasih semoga artikel yang mbulet ini dapat memberi sedikit pengetahuan terhadap masalah yang sobat hadapi terkait BPJS atau KIS.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *