Cara Membuat WordPress Multisite

0
25
kinsta.com

Hay sobat, Selamat bermalam minggu. Nah pada kesempatan malam ini, saya akan berbagi cara membuat WordPress Multisite. Jika kemaren saya membuat postingan tentang cara membuat Menghapus WordPress Multisite, maka hari ini kebalikannya.

Memang sebenernya kebalik sih. Seharusnya kan posting cara membuat wordpress multisite terlebih dulu sebelum menghapusnya. Tapi biarlah sudah terlanjur nggak boleh di sesali.

Cara Membuat WordPress Multisite

Sebenernya ada dua cara yang saya ketahui baru-baru ini setelah Googling. Cara yang pertama adalah cara otomatis, kemudian cara yang kedua adalah cara manual.

Cara Otomatis

Untuk cara otomatis cukup mudah sekali dipraktekkan, dengan syarat websitenya belum terinstal CMS WordPress atau masih sedang ingin di Instal. Caranya adalah saat instalasi wordpress pertama kali, sobat perlu mencentang Enable Multisite (WPMU) maka otomatis akan di konfigurasi menjadi wordpress multisite tanpa harus ngutek-ngutek script di dalamnya.

Nah namun jika sobat sudah terlanjut menginstal wordpressnya, alias sudah ada CMSnya, sobat nggak perlu bingung, stress apalagi galau. Santay aja pokoknya masih ada cara kedua, walau manual sih. Tapi Insyaa Allah berhasil, karena saya sudah pernah nyoba, dan work 100%.

Cuman kalau website kita berbasis toko online, kayaknya akan agak susah. Namun jika untuk website berbasis blog Insyaa Allah work. Untuk web toko online juga bisa sih, asalkan toko online yang berbasis artikel bukan add to cart. Ngga tau juga sih, cobain aja sendiri lah.

Cara Manual

Untuk cara manual cukup mudah sih, tinggal ikutin aja langkah-langkah ini dengan benar hehe.

Pertama kali yang harus dilakukan adalah, baca do’a. Masuk Cpanel, bisa melalui FTP. Kemudian pergi ke Public Html. Cari file wp-config.php dan edit menggunakan text editor atau apa saja lah.

Setelah edit file wp-config.php, carilah baris ini “/* That’s all, stop editing! Happy blogging. */. ” Kalau udah ketemu, tambahkan kode di bawah ini pas dibawah tulisan /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */

/* Multisite */
define( 'WP_ALLOW_MULTISITE', true );

Kalau sudah jangan lupa disimpan ya, jangan dihapus hehe. Kemudian login ke akun wordpress sobat, seperti biasa aja loginnya nggak usah gemeteran ya.

Pergi ke menu Plugins centang semua plugin dan pilih Deactivate. Setelah semua plugin di deactivate kemudian lanjut pergi kemenu Tools -> Network Setup – Instal.

Kemudian pergi ke Cpanel lagi untuk mengedit wp-config.php dan .htaccess dan tambahkan kode dibawah ini sebelum baris ini /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */ yang ada di wp-config.php

define('MULTISITE', true);
define( 'SUBDOMAIN_INSTALL', false);
define('DOMAIN_CURRENT_SITE', 'new-multisite-setup.dev');
define('PATH_CURRENT_SITE', '/');
define ('SITE_ID_CURRENT_SITE', 1);
define('BLOG_ID_CURRENT_SITE', 1);

Kalau udah jangan lupa klik save ya, jangan di buang.

Kemudian cari file .htaccess dan paste kode dibawah ini. Oh iya kalau di dalam wordpressnya nggak ada file .htaccess biasanya file tersebut di hidden. Unhide terlebih dahulu file yang dihidden, kalau nggak tau caranya, cari aja di Google banyak kok hehe. Tapi kalau setelah file di hidden di unhide tetap nggak ada. Tenang aja, buat .htaccess baru aja nggak masalah kok.

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index.php$ - [L]
add a trailing slash to /wp-admin
RewriteRule ^([_0-9a-zA-Z-]+/)?wp-admin$ $1wp-admin/ [R=301,L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} -f [OR]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} -d
RewriteRule ^ - [L]
RewriteRule ^([_0-9a-zA-Z-]+/)?(wp-(content|admin|includes).) $2 [L] RewriteRule ^([_0-9a-zA-Z-]+/)?(..php)$ $2 [L]
RewriteRule . index.php [L]

Jangan lupa untuk di save ya, kemudian login ke website sobat seperti biasanya. InsyaaAllah sudah menjadi wordpress multisite

Kalau langkah demi langkah ini sudah di ikuti dan selesai, bisa login ke website sobat lagi, Insyaa Allah wordpress multisitenya sudah bisa digunakan.

Nah jika ternyata sobat kesusahan nih make wordpress multisite, maka bisa lihat tutorial cara menghapus wordpress mutisite ini untuk menghapusnya.

Terima Kasih semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here