Menggunakan versi PHP yang tidak sesuai biasanya akan dapat mengakibatkan website kita menjadi error.

Biasanya saat kita menginstal plugin atau themes tertentu dan kemudian mengaktifkannya, lalu mendadak website kita error. Salah satu contoh error yang disebabkan oleh versi PHP yang kurang memadai adalah error 500.

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami hal tersebut, yakni ketika install theme toko online lapak instan, tiba-tiba langsung erro saat saya mengaktifkannya.

Setelah dicari tau, ternyata themesnya nggak support versi PHP 7.2 kebawah, jadi minimal harus menggunakan versi PHP 7.2, dan Alhamdulillah setelah diganti akhirnya website bisa diakses kembali.

Nah buat sobat yang mengalami masalah yang sama atau serupa dengan saya, mungkin sobat bisa mencoba cara mengganti versi PHP melalui CPANEL berikut ini.

Cara Mengganti Versi PHP Melalui Cpanel

Pertama, silahkan login ke Cpanel sobat, bisa langsung lewat Cpanel atau melalui penyedia layanan yang sobat gunakan.

Setelah masuk Cpanel, scroll ke bawah cari Software bernama “Select PHP Version”

Setelah itu akan muncul versi berapa PHP yang kita gunakan. Dalam contoh milik saya versi PHPnya adalah versi 7.0. Jadi saya harus mengupdatenya menjadi versi PHP 7.2.

Cara menggantinya cukup mudah, klik saja native (7.0) (current). Lalu pilih versi PHP yang sesuai. Dalam contoh ini saya mengupdate menjadi versi PHP 7.2 agar support dengan theme yang saya gunakan.

Bila sudah memilih versi PHPnya jangan lupa untuk menyimpannya ya. Klik menu Set as current untuk menyimpan perubahan versi PHP.

Nah pada langkah ini kita sudah selesai melakukan perubahan. Selanjutnya sobat bisa mengecek website sobat sudah bisa diakses apa belum?

Kesimpulan

Bila belum dapat diakses silahkan bisa pilih versi PHP yang lain. Perlu sobat ketahui kadang website tidak bisa diakses bukan hanya karena versi PHP yang nggak sesuai, namun juga bisa disebabkan server, theme yang rusak ataupun plugin yang corrupt.

Jadi sebelum melakukan perubahan versi PHP sobat bisa cari tahu masalah yang sedang sobat hadapi. Dari saya itu saja, semoga artikel apa adanya ini bisa bermanfaat, terima kasih.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *