Komputer merupakan alat yang digunakan untuk pengolahan data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Kata “komputer” sendiri semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan menggunakan alat bantu maupun tidak.

Akan tetapi pada akhirnya kata ini kemudian berpindah kepada mesin itu sendiri.

Mendengar kata komputer, mungkin yang ada dibenak pikiran kita ialah bahwa komputer terdiri dari dua jenis komponen, yakni hardware dan software.

Namun pada dasarnya, dalam suatu sistem komputer sebenarnya terdapat 3 jenis komponen, diantaranya adalah hardware, software dan juga brainware.

Apasih brainware itu? akan dijelaskan pada tulisan dibawah ini.

Pengertian Hardware

vecteezy.com

Saya anggap, hampir semua orang saat ini sudah banyak yang paham mengenai apa yang dimaksud dengan hardware ataupun software. Namun tidak ada salahnya bila saya jelaskan kembali apa yang dimaksud dengan hardware maupun software.

Hardware merupakan perangkat keras komputer. Hardware secara fungsional dibedakan menjadi 4 jenis perangkat (device), diantaranya adalah :

  • Perangkat masukan (input device), contoh dari perangkat masukan ini diantaranya seperti “keyboard, mouse, joystick, scanner, card reader, barcode, microphone atau yang lainnya.
  • Perangkat proses (process device), contoh dari perangkat yang melakukan pemrosesan pada komputer ialah “processor dan motherboard”.
  • Perangkat keluaran (output device), contoh dari perangkat ini diantaranya adalah “printer, speaker, monitor, platter, card reader ataupun yang lainnya”.
  • Perangkat penyimpanan (memory atau storage device), perangkat ini biasa digunakan sebagai media penyimpanan, misalnya seperti “flashdisk, hard disk, ROM, RAM, CD Drive ataupun yang lainnya”.

Jadi yang dimaksud dengan hardware adalah perangkat atau komponen komputer yang memiliki bentuk fisik, dapat dilihat dan dirasakan keadaannya.

Pengertian Perangkat Lunak

ntecha.com

Perangkat lunak atau software adalah kebalikan dari perangkat keras (hardware). Bila perangkat keras bisa dilihat dan dirasakan keadaannya, maka perangkat lunak hanya bisa dilihat dan tidak dapat dipegang atau diraba.

Perangkat lunak merupakan data didalam suatu komputer yang disimpan secara digital, misalnya program yang ada didalam sebuah komputer.

Mudahnya, perangkat lunak adalah program atau aplikasi yang ada didalam sebuah komputer. Perangkat lunak sendiri dibagi lagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

  • Perangkat lunak aplikasi (application software), misalnya seperti aplikasi pengolah kata (Microsoft Word), aplikasi pemutar media (GOM Player), dan juga paket aplikasi perkantoran seperti (Microsoft Office, Open Office, WPS, dan lain sebagainya.
  • Sistem operasi (operating system), contoh dari perangkat lunak sistem operasi adalah (Windows 10, Macintosh, Linux, Unix, Android, iOS, dan lain sebagainya.
  • Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool), contohnya seperti program Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan juga bahasa pemrograman tingkat rendah yakni bahasa rakitan.
  • Pengendali perangkat keras (device driver), adalah jenis perangkat lunak yang berfungsi sebagai penghubung antara perangkat keras pembantu dan komputer. Biasanya jenis perangkat lunak ini banyak digunakan disekolah dan juga swalayan yang dapat berupa barcode scanner pada aplikasi database.
  • Perangkat lunak menetap (firmware), contoh dari perangkat lunak ini biasanya sering digunakan pada jam tangan digital ataupun pada alat pengendali jarak jauh.
  • Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software), dan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).
  • Perangkat lunak gratis (freeware).
  • Perangkat lunak uji coba (shareware atau trialware).
  • Perangkat lunak perusak (malware).

Jadi jenis-jenis perangkat lunak sendiri ada banyak sekali, hal tersebut dibedakan berdasarkan fungsi atau kegunaan dari aplikasi itu sendiri.

Brainware (Pemikir)

kotakpintar.com

Brainware atau pemikir adalah perangkat manusia yang berguna sebagai pengatur proses dan yang menjadi pengatur komputer.

Beberapa contoh dari perangkat brainware ini diantaranya adalah “Programmer, System Analyst, Operator” dan lain-lainnya yang berguna untuk mengatur segala sesuatu yang terjadi pada komputer.

Tanpa adanya brainware komputer tidak akan mampu melakukan apa-apa yang kita inginkan. Misalnya kita ingin mencetak dokumen melalui printer, tentu kita harus melakukan beberapa perintah kepada komputer, agar dokumen yang ingin kita cetak bisa tercetak sesuai dengan yang kita harapkan.


Jadi, yang dimaksud dengan perangkat komputer selain hardware dan juga software, manusia juga menjadi salah satu kunci kesuksesan dari berjalannya sebuah sistem komputer selain komputer itu sendiri.

Sebagaimanapun canggih suatu komputer, jika ia tidak dioperasikan dengan baik dan benar oleh penggunanya (brainware) tetap saja ia tidak mampu berjalan dengan baik dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Itu saja dari saya mengenai jenis perangkat komputer. Apabila ada kesalahan kata ataupun pengertian saya mohon maaf, silahkan dikomentari ya sob. Saya ucapkan terima kasih.

Referensi :

  • Buku LKS SMK (buku catatan saat masih sekolah)
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *